Cara Mudah Pantau Kondisi Kesehatan Lansia

by
ISKNEWS.COM
Foto: Kegiatan posyandu lansia, Sabtu (05-05-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Lansia merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap berbagai macam penyakit. Terjadinya penurunan fungsi organ, daya tahan tubuh dan dampak dari pola hidup tidak sehat semasa muda membuat lansia mudah terjangkit berbagai penyakit.

Karena itu, perlu adanya pelayanan khusus bagi para lansia agar kesehatannya terus terjaga. Salah satunya melalui kegiatan posyandu lansia. Melalui posyandu lansia, masyarakat yang berusia 45 – 59 (pra lansia -red) dan diatas 60 tahun (lansia -red) akan mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan, konseling hingga pengobatan penyakit.

“Untuk pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan pengukuran tinggi dan berat badan serta pengukuran tekanan darah. Jika ada lansia yang disinyalir mengidap penyakit tertentu, maka kami akan memberikan surat rujukan untuk tindakan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Yuni kepada isknews.com.

TRENDING :  Perbaikan Pelayanan Puskesmas Diprioritaskan

Diungkapkannya, pemeriksaan lanjutan untuk lansia pada umumnya berupa pemeriksaan kadar glukosa, asam urat dan kolestrol dalam darah. Selain itu, lansia yang disinyalir mengidap penyakit menular tertentu bisa mendapatkan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan ini berfungsi sebagai upaya deteksi dini penyakit pada lansia.

TRENDING :  Tren Urban Farming Bukan Sekedar Penuhi Kebutuhan Pangan Keluarga

KOMENTAR SEDULUR ISK :