Cavendish Pilihan Para Petani Pisang Karena Cepat Berbuah Dan Laku Keras

by
isknews

Kudus, isknews.com – Salah satu faktor untuk mengukur kesuburan tanah bisa dilihat dari seberapa subur tumbuhan yang ditanamnya, Tanah yang cukup subur di wilayah Undaan membuat Suharto ketua gapoktan desa Larikrejo Undan memiliki ide untuk membudidayakan pisang jenis cavendish di lahan irigasi seluas sekitar 4000m2. Menurut Penuturan Suharto, ia mengawali usaha perkebunan pisang tersebut karena sebuah hobi. Ia mulai bergelut dengan tanaman pisang karena tanah disekitar wilayah Undaan cukup subur.

Namun Suharato mulai berkonsentrasi pada perkebunan pisang sejak 10 tahun yang lalu. Saat itu, dia mengamati bahwa tanaman pisang di desa nya cukup banyak dan tumbuh subur. Namun jenis tanaman pisang yang ada didesa nya, kebanyakan jenis tanaman pisang yang berbuah memakan waktu cukup lama, yakni antara 10 sampai dengan 11 bulan. Sehingga membuat suharto mencari terobosan untuk menanam pisang genjah yang cepat berbuah, yakni mengembangkan usahanya untuk membudidayakan pisang jenis cavendish.

‘’Kebetulan saya punya banyak teman orang-orang pertanian, jadi memang kita selalu belajar dan diskusi tentang bercocok tanam,’’ jelasnya, kemarin. Menurutnya ia mulai menanam pisang di Undaan sejak sekitar 10 tahun lalu. Awalnya dia mulai melihat kondisi tanah di desanya. Setelah diamati, ternyata tanah itu cukup pas untuk ditanami pisang cavendis yang bisa cepat berbuah.

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Berdayakan Ekonomi Desa Melalui Pertanian