Cegah Kecanduan Gadget dengan Bercerita

oleh
Cegah Kecanduan Gadget dengan Bercerita
Foto: Istimewa

Jepara, ISKNEWS.COM – Dewan Pimpinan Cabang Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (DPC GOPTKI) Kabupaten Jepara mengedukasi, dan mengajak orang tua sejak dini meminimalisir buah hatinya dalam bermain gadget. Sebab, jika hal tersebut tidak lagi dapat terkontrol akan dapat berdampak negatif bagi tumbuh kembang anak. Oleh karenanya, untuk menekan kecanduan gadget tersebut bercerita ditawarkan sebagai salah satu solusi.

Demikian diungkapkan Ketua DPC GOPTKI Kabupaten Jepara Susi Sholih, saat memberi sambutan pembukaan lomba bercerita bagi guru TK di Gedung Shima, Rabu (26-9-2018). Susi mengatakan, peran guru terutama TK tidak hanya sebatas ruangan kelas, Namun juga peduli dengan persoalan sosial terutama tren kecanduan anak terhadap gadget. ”Dengan kita bercerita kepada anak, dapat mengalihkan perhatian anak dari paparan gadget dan meningkatkan kreativitas imajinasi tumbuh kembangnya juga,” kata Susi.

TRENDING :  Warga Sayangkan Aksi Pengambilan Terumbu Karang di Perairan Jepara
TRENDING :  Kebakaran Hanguskan Rumah di Demangan Kudus, Korban Butuh Uluran Tangan Dermawan

Dihadapan 26 peserta dari guru TK ini, pihaknya berharap lomba bercerita dapat meningkatkan kretifitas dan inovasi para guru TK di Jepara. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membangkitkan kembali pendidikan anak melalui dongen. Sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan kualitas sumber daya manusia di Bumi Kartini.

Hal serupa diutarakan oleh Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (PAUD-PNF) Disdikpora Kabupaten Jepara Sri Utami, yang turut hadir dalam lomba bercerita. Selain mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya, kemampuan bercerita guru TK akan menjadi stimulasi dini yang mampu merangsang berbagai keterampilan pada anak terutama berbahasa. Kisah cerita yang mengandung pesan positif tentang perilaku, akan membuat anak menjadi lebih mudah menyerap tutur kata yang sopan. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :