Cegah Munculnya Warung Makanan Dan PKL Jalan Ke Pasar Baru Akan Dipagari

Cegah Munculnya Warung Makanan Dan PKL Jalan Ke Pasar Baru Akan Dipagari

Kudus, isknews.com – Jalan khusus ke Pasar Baru, di Kelurahan Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, jika difungsikan nantinya akan bebas hambatan. Selain tidak diperbolehkan digunakan untuk parkir kendaraan jenis apapun, di kedua sisi sepanjang jalan itu juga tidak boleh diidirikan bangunan, baik rumah tempat tinggal, warung makanan maupun pedagang kaki lima (PKL). Untuk mengantisipasi kondisi itu, di kedua siisi jalan khusus ke Pasar Baru itu akan dibuat pagar. Sebagai langkah awal, Pemkab telah menyampaikan kepada Kelurahan Wergu Wetan, melalui Kecamatan Kota, agar mensosialisasikan hal itu, kepada warga masyarakat setempat.

Kepala Kelurahan Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Rusichan, yang dihubungi isknews.com, di ruang kerjanya, Jumat (20/1), membenarkan hal itu. Menurut dia, pihaknya baru saja kedatangan Camat Kota Kudus, Cholid Sheif. Maksud kedatanganya adalah untuk memberitahukan, jalan Pasar Baru yang sudah jadi dan menunggu difungsikan itu, akan dibuatkan pagar pada kedua sisinya. Hal itu untuk menghindari kemungkinan didirikannya bangunan oleh warga sekitar, terutama warung makanan dan PKL yang akan mengundang pengunjung memarkirkan kendaraannya, di jalan tersebut. “Pemkab sudah menetapkan jalan ke Pasar Baru itu nantinya bebas hambatan, tidak boleh ada atau terhalang kendaraan yang parkir.”

BACA JUGA :  Si Jago Merah Melalap Pasar Rembang

Untuk mengantisipasi hal itu, ungkapnya lanjut, sebelum difungsikan, di kedua sisi jakan Pasar Baru itu akan dibuatkan pagar yang ketinggiannya dibuat cukup, sehingga warga tidak bisa lalu lalang menyeberang jalan yang bebas hambatan itu. Selain itu, agar tampak indah dan sejuk, di sepanjang jalan itu juga akan diubah menjadi ruang terbuka hijau (RTH) dengan beragam tanaman yang akan menghiasi jalan dari ujung timur di Jalan Patimura, hingga depan bangunan utama Pasar Baru. “Dengan dibangunnya pagar itu, warga yang mau mendirikan rumah, diperbolehkan asal tidak menghadap ke jalan khusus ke Pasar Baru itu.”

Seperti diberitakan di isknews.com, Pasar Baru sebagai pengganti Pasar Wergu yang menempati stasiun KA, letaknya berada jauh di dalam pemukiman yang jaraknya sekitar 500 meter dari jalan umum terdekat, yakni Jalan Patimura, Kudus. Sehingga untuk menuju ke lokasi pasar tersebut, dibutuhkan akses atau jalan khusus. Terkait dengan kebutuhan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, melalui Dinas Bina Marga Pengairan Energi Sumber Daya Mineral (BPESDM) Kabupaten Kudus, sudah membangun jalan khusus menuju Pasar Baru itu.

BACA JUGA :  Resah Akan Tergusur, Ratusan Pedagang Temui Bupati Blora

Jalan yang sudah siap difungsikan itu, ukuran panjang termasuk jembatan seluruhnya 573 meter, sedangkan lebar 6 – 8 meter. Permukaan jalan dari beton cor dengan ketebalan 30 centimeter, di atas lahan sawah yang sudah diurug menghabiskan sebanyak 471 meter kubik. Khusus untuk jembatan, ukuran lebar 7.5 meter dan panjang 5 meter. Besarnya anggaran yang terserap Rp 5.871.473.000 (nilai kontrak), termasuk pengadaan jembatan. Sumber dana APBD Kabupaten Kudus TA 2016. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

92 Responses to "Cegah Munculnya Warung Makanan Dan PKL Jalan Ke Pasar Baru Akan Dipagari"

  1. Pingback: vpm

  2. Pingback: XXX

Comments are closed.