Cek Kesiapan Pencetakan dan Distribusi Surat Suara, KPU Kunjungi Pura TSS

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus yang didampingi Panwas dan Polres Kudus, siang tadi melakukan kunjungan ke PT Pura Barutama Total Security System sebuah perusahaan dibawah PURA Group yang memenangkan tender pencetakan surat suara pada Pemilihan Bupati Kudus 2018.

Kunjungan yang dimaksudkan sebagai peninjauan dalam rangka kesiapan perusahaan ini melakukan pencetakan kerta surat suara pada gelar Pilkada serentak 2018 yang akan berlangsung pada 27 Juni depan, Sabtu (26-05-2018).

Sebelum melakukan peninjauan diruang produksi telah dilaksanakan rapat koordinasi antara Ketua KPU Moh. Khanafi yang didampingi Komisioner Eni Misdayani,  sekretaris KPU Heri Darwanto, Ketua Panwas Mohammad Wahibul Minan, Kapolres AKBP Agusman Gurning serta para Petinggi PT Pura Grup Kudus.

TRENDING :  Sortir Surat Suara, KPU Pati Temukan Ratusan Surat Suara Rusak

Usai rapat singkat Moh. Khanafi ketua KPU Kudus dihadapan awak media menyampaikan bahwa, kunjungan ini dimaksudkan sebagai melihat secara langsung dan bersama-sama para penyelenggara Pemilu serta Polres Kudus terkait akan segera didistribusikannya surat suara Pilbup Kudus yang akan dilakukan besok.

“KPU Kudus melakukan pencetakan Surat Suara untuk Pilbup Kudus Tahun 2018 sebanyak 627.907 Surat Suara dan PSU atau cadangan sebanyak 2.000 surat suara sehingga total sebanyak  629.907 surat suara,” Katanya.

TRENDING :  Anggota Pramuka Saka Wirakartika Kudus Ikuti Pembinaan

Dijelaskannya, Planning Produksi pencetakan adalah tanggal 26-5-2018 sekitar jam 14.00 WIB dan akan selesai dicetak besok 27-5-2018 pada jam yang sama.

“Setelah itu akan dilakukan proses potong selama satu hari, kemudian akan dilakukan pelipatan dan Packing pada tanggal 28 hingga 29 Mei esokannya, yang dilanjutkan pada distribusi surat suara pada hari tersebut, menuju KPU Kudus,” terangnya.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pihak keamanan siap mengamankan distribusi suarat suara mulai dari KPU hingga TPS-TPS.
“Kami siap mengamankan distribusi logistic Pilkada dengan pasukan yang sudah kami siapkan khusus,” ujar Kapolres.

TRENDING :  Pendataan Lamban, Program Kartu Tani Diperkirakan Molor Dari Target

Sementara itu, disinggung mengenai bagaimana warga bisa mengetahui bahwa sebuah Surat Suara itu palsu atau tidak, Mulyani General Affair Manager PT Pura Group mengatakan, secara fisik masyarakat awam tidak akan tahu secara spesifik perbedaan antara cetakan Pura atau bukan.

“Namun secara teknis memang hanya kami yang tahu komposisi material-material yang digunakan oleh pemalsu, jadi hanya kami yang bisa mnegetahui itu palsu atau bukan,” terangnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :