Cetak Atlet Profesional, Kodim 0718 Pati Gelar Kejuaraan Pencak Silat

oleh
ISKNEWS.COM

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Menjaga kearifan lokal khususnya bela diri asli tanah air, Kodim 0718/Pati sebagai benteng pertama NKRI menghelat Kejuaraan Pencak Silat bertajuk Dandim Cup 2017, yang merangkul atlet dari tingkat SMP dan SMA sederajat. Helatan tersebut digelar di Aula Gedung Haji, Desa Jembulwunut, Kecamatan Gunungwungkal, Pati, Rabu (27/12/2017) pagi.

“Giat pencak silat ini salah satu wahana silaturrahmi antar perguruan, serta tolak ukur untuk mengukir prestasi para pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat, khususnya di bidang olahraga pencak silat,” ungkap Dandim 0718 Pati, Letkol Arm Arif Darmawan.

TRENDING :  Kejuaraan Pencak Silat Dandim Cup 2017, Cetak Ratusan Jawara Baru

ISKNEWS.COM

Lanjutnya, meski helatan tersebut diikuti ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Bumi Mina Tani. Tetapi, ajang tersebut selain sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi, juga sebagai wadah untuk menyatukan dan mengenyampingkan perbedaan.

“Ada sekitar 146 peserta yang turut menyemarakkan kejuaraan ini, kami berharap para peserta saling menghormati dan menjunjung sportifitas,” beber Dandim.

Ihwal tersebut turut diamini Koordinator, Agus Widodo, pihaknya meminta supaya para peserta dengan gelaran ini lebih bisa terhormat bertanding, dengan sportif serta menghindari bertindak curang.

TRENDING :  Pemdes Manjang Gelar Sosialisasi Pengisian Perangkat

“Saat bertanding, mari kita junjung sportifitas, menang atau kalah urusan terakhir. Selain itu, Saya ucapkan terimakasih kepada para pembina dan pelatih, sehingga dapat mencetak atlet yang berprestasi,” sebut Ketua Perguruan Cempaka Putih itu.

Ditambahkan, ada empat pedoman pencak silat yang wajib dipegang para peserta, yakni aspek mental spiritual, aspek seni dan budaya, serta terakhir aspek beladiri dan aspek olahraga.

TRENDING :  Songsong Pati Sebagai Lumbung Padi, TNI Programkan Percepatan Luas Tanam

ISKNEWS.COM

“Ada tujuh perguruan yang ikut andil yakni, Perguruan Setia Hati Teratai, Perguruan Cempaka Putih, Perguruan Ikspi, Perguruan Pagar Nusa, Perguruan Persibas Asad, Perguruan Tapak Suci dan Perguruan Gubuk Remaja,” terangnya.

Diketahui, dari 146 peserta dibagi menjadi dua untuk tingkat SMP dan SMA sederajat. Rinciannya, tingkat SMA sederajat terdiri dari 12 kelas jumlah peserta 74 atlet. Sedangkan, tingkat SMP sederajat terdiri dari 15 kelas putra putri terdiri 72. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :