Cinderamata Khas Kudus

oleh

Kayu jati sudah tidak asing lagi namanya di masyarakat. Kayu jati merupakan salah satu bahan baku dari perlengkapan rumah tangga seperti almari, meja, kursi dan lain-lain.

Hermawan (31) dari Dukuh Winong Desa Kaliwungu Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, menggeluti usaha mebel yang baru tahun, kini mencoba membuat membuat kerajinan Khas Kudus. Limbah kayu jati yang dihasilkan di mebel milik Hermawan ini disulap menjadi barang yang bernilai tinggi.

TRENDING :  Pati Expo 2017 Untuk Tarik Wisatawan Domestik Maupun Internasional

Limbah kayu jati dari mebel dijadikan sebuah miniatur gebyok rumah adat kudus, miniatur gazebo dan masih banyak lagi. Dalam memilih bahan baku haruslah limbah kayu jati dengan kualitas bagus. Miniatur gebyok khas Kudus ini diharapkan nantinya bisa menjadi cinderamata khas Kudus yang bernilai tinggi.

Selain itu daerah kaliwungu Kudus yang merupakan cikal bakal tukang kayu di Kudus dengan adanya Makam Mbah Rogo Moyo yang merupakan pencetus rumah Adat Joglo Pencu Kudus di daerah tersebut.

TRENDING :  Catat, Dandangan Digelar 27 Mei Hingga 5 Juni

Hermawan mengatakan Miniatur gebyok dengan tinggi 33 cm lebar 30cm ini bisa dikerjakan dalam kurun waktu 5 hari dari awal hingga finishing dan dijual dengan harga 500.000 dan miniatur gazebo bisa diselesaikan dengan waktu 10-11 hari karena lebih rumit.

TRENDING :  Inovasi Baru, Kabupaten Kudus Punya Satgas Pariwisata

Saat ini baru membuat saat ada pesanan saja namun dalam waktu dekat akan membuat miniatur Rumah Adat Kudus lengkap dari mulai gebyok, tumpang dan lain-lain seperti layaknya Rumah Adat Kudus yang asli. “Imbuhnya

Miniatur gebyok ini sudah mengikuti beberapa event-event penting terutama saat pameran desa wisata di Kudus.

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Comments are closed.