Coklit Daftar Pemilih Pilkada Serentak 20 Januari 2018

oleh

Kudus, isknews.com – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, di Kabupaten Kudus, telah sampai pada tahapan pendaftaran calon bupati (cabub) dan calon wakil bupati (cawabub). Rangkaian dari usainya pendaftaran, kini pasangan cabup dan cawabup Kabupaten Kudus, sedang menjalani tes kesehatan.

Di Kudus, ada sebanyak lima pasangan cabub dan cawabub yang sudah mendaftar di KPU Kabupaten Kudus, yakni pasangan Achwan – Sucipto Hadi, Masan – Noor Yasin, Tamzil – Hartopo, Hartini – Bowo dan Hartoyo – Harjuna. Mereka akan berebut kursi jabatan tertinggi di Kabupaten Kudus, periode 2018 – 2023.

TRENDING :  Paslon Bupati Nomer Urut 3, Hartini – Bowo, Giat Bentuk Korsdes dan Korte

Tahapan selanjutnya adalah KPU akan melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (coklit) Daftar Pemilih Gubernur (Pilgub) Jateng dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kudus, akan dilaksanakan mulai tanggal 20 januari s/d 18 Februari 2018.

Gerakan coklit ini juga akan dilakukan secara serentak di seluruh provinsi dan kabupaten di Indoesia, yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2018.

TRENDING :  Pagi Ini Hari Pertama Gerakan Coklit, Libatkan 1491 PPDP, 396 PPS dan 45 PPK serta KPU

Dalam coklit itu, petugas pemutahiran data pemilih akan mendatangi Pemilih dari rumah ke rumah untuk mencocokkan dan meneliti daftar pemilih.

Komisioner Divisi SDM KPU Kudus Eni Misdayani menjelaskan, coklit adalah tahapan awal untuk menyempurnakan data pemilih sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT). Oleh karena itu coklit ini sangat penting.

Dirinya mengimbau, masyarakat agar membantu menyukseskan coklit dengan mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Di antaranya KTP elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil apabila belum dicetak.

TRENDING :  Gigitan Tikus Jangan Dianggap Remeh, Berbahaya

Ketika didatangi petugas apabila ada salah satu anggota keluarga ada yang belum masuk dalam daftar pemilih, agar bisa dilakukan pendataan. Sehingga pada saat pencoblosan bisa memiliki hak pilih.

”Yang tak kalah penting adalah berikan informasi yang valid kepada petugas,” pesannya. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :