Dana Desa Hampir Terserap 100 persen, Desa Diminta Lebih Kreatif dan Produktif

oleh
Puluhan stand inovasi desa gabungan dari desa perwakilan kecamatan (Rendy/ISKNEWS.COM)

LINTASREMBANG, ISKNEWS.COM – Sebanyak puluhan stand gabungan, dari desa mewakili masing-masing kecamatan memadati kompleks balai Kartini Rembang pada acara pameran inovasi desa, Rabu (31-10-2018). Mereka memamerkan inovasi unggulan masing-masing desa dalam acara pameran yang digelar oleh Pemkab Rembang itu.

Bupati Rembang H Abdul Hafidz saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi pameran inovasi desa mengatakan, jumlah dana desa setiap tahunnya terus bertambah. Jumlahnya sendiri pada tahun 2018 ini mencapai Rp 229 miliar.

TRENDING :  Tahun Ini, Dana Desa di Jepara Naik 27 Persen

Dari jumlah tersebut sudah ditransfer ke desa-desa sekitar 98 persen, atau sekitar Rp 225 miliar. Oleh karena itu, harus dilakukan evaluasi supaya kegiatan yang dimunculkan terus memiliki produktifitas tinggi dan ekonomis.

“Tahun 2018 Dana desa ada Rp 229 miliar, tahun ini sudah kita transfer ada Rp 225 miliar, berarti sudah 98 pesen, tinggal menunggu dinas laporannya agar dana desa terserap 100 persen.” terangnya.

TRENDING :  Tahun Ini Penyaluran DD Dilakukan Tiga Tahap

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Desa), Sulistyono mengatakan, penyelenggaraan pameran inovasi desa sebagai dorongan terhadap semua kegiatan yang didanai menggunakan dana desa lebih efektif, efisien, dan optimal.

TRENDING :  Utamakan Gotong Royong Untuk Mempercantik Desa

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menambah kreativitas dan inovasi, untuk menjadikan desa lebih maju, mandiri, dan sejahtera.

“Dengan adanya program inovasi desa ini tiap tahun ada kegiatan kreativitas dan inovasi dan desa lebih maju dan mandiri dan sejahtera.” pungkasnya. (RTW/AM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :