Dandim Uji Coba Kekuatan Kotak Suara Pemilu 2019

oleh
Komandan Kodim 0722 Kudus Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo dan Ketua KPU Kudus, Naily Syarifah saat mendemonstrasikan kekuatan kotak suara Pemilu 2019 di Makodim Kudus (Foto: Yuliadi Mohammad)

Kudus, isknews.com – Kotak suara KPU 2019 yang sempat menjadi kontroversi karena dipertanyakan kekuatannya, kemarin di uji coba oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus, di Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0722 Kudus, Senin (17/12/2018).

Kotak suara Pemilu 2019 yang terbuat dari bahan duplex atau karton kedap air berukuran 40x40x60 sentimeter tersebut, sempat diuji oleh Ketua KPU Kudus Naily Syarifah dengan cara diduduki bahkan diangkat oleh dua orang anggota komisioner KPU yang lain dan kondisi kotak suara tidak terjadi apa-apa.

Tak hanya itu Komandan Kodim 0722/ Kudus Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo juga ikut mencobanya dengan cara menduduki kotak suara tersebut, kemudian berdiri di atasnya tetap kuat tidak terjadi apa-apa.

TRENDING :  Jelang Pilgub, ASN Diminta Cerdas Bermedsos

Pada kesempatan selanjutnya, Dandim 0722/Kudus Sentot Dwi Purnomo mencoba membuktikan kekuatan kotak, Kotak suara dibalik dengan alasan yang menjadi tumpuan beban nanti adalah yang bagian bawah.

Dia menduduki hingga berdiri di atas kotak, tidak terjadi apa-papa, kemudian  dia mencoba kembali dengan mendudukinya sembari mengangkat kedua kakinya. Kali ini bagian bawah kotak ternyata jebol. Bagian bawah kotak tidak kuat menahan beban berat badan Dandim, penyebabnya karena bagian samping kotak yang terikat cable ties jebol.

Ketua KPU Kudus Naily Syarifah di Kudus, menjelaskan kotak suara itu jebol ketika di duduki Dandim karena menggunakan replika cable ties yang tipis, “nanti kalau pakai yang asli yang lebih lebar dan lebih kuat tidak akan jebol,” katanya.

TRENDING :  Pasangan TOP Sambangi Pengojek dan PKL Colo

Dijelaskannya, kotak suara yang terbuat dari karton tersebut dipastikan tidak sampai rusak ketika diisi surat suara karena berat total kertas suara maksimal di setiap TPS sekitar 10 kilogram.  Sementara beban maksimalnya kotak suara berbahan dasar karton itu mampu menahan beban lebih dari 80 kilogram.

Menghadapi musim hujan seperti sekarang, kata dia, tidak ada permasalahan dengan kotak suara tersebut meskipun terkena percikan air masih tetap aman. “Ya kalau di celupkan ke air ya jelas rusak, ini nanti kan dalam ekspedisi pengirimannya masih di bungkus plastik, keunggulan lain dari kotak suara yang terbuat dari karton tersebut, yakni lebih transparan dan ringan,” jelasnya.

Untuk jumlah kotak suara yang diterima KPU Kabupaten Kudus sebanyak 15.345 kotak suara yang akan dibagikan di setiap TPS sebanyak lima kotak suara, kemudian Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak 11 kotak suara, dan di KPU ada satu kotak suara.

TRENDING :  Ribuan Kotak Dan Bilik Suara Logistik Pemilu 2019 Telah Tiba Di KPU Kudus

Komandan Kodim 0722/ Kudus Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo mengatakan kotak suara terbuat dari kardus jenis duplex tersebut sudah dirancang sesuai amanat Undang-Undang.

Untuk itu, kata dia, tidak perlu diragukan kelayakan kotak suara tersebut karena dibuat mampu menahan beban 80 kg sedangkan berat kerta 10-15 kg sehingga kemungkinan amblas kecil.

Dalam pelaksanaannya nanti, kata dia, TNI siap melakukan pengamanan.  “Total jumlah personel TNI yang diterjunkan pada Pemilu 2019 sebanyak 500 personel,” ujarnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :