Debat Terbuka,Warga Kudus Diperlihatkan Sejauh Mana Calon Pemimpinnya

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus menyelenggarakan debat terbuka pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Kudus 2018-2023, di Hotel Griptha, Jumat (11-5-2018) malam.

Semua paslon menempati tempat duduk yang telah disediakan. Secara berurutan dari kiri, paslon nomor urut 1 ada An-Noor (Masan dan Noor Yasin), lalu nomor urut 2 Paslon Harjuna (Hartoyo dan Junaidi), dan nomor urut 3 Paslon Harwo (Hartini dan Bowo), kemudian nomor urut 4 ada Paslon Akhi (Akhwan dan Hadi Sucipto), dan terakhir nomor urut 5 Paslon TOP (Tamzil dan Hartopo).

Acara dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kudus, Moch Hanafi. Dalam pembukaan itu Hanafi menjelaskan tujuan dihelatnya debat terbuka calon pemimpin Kota Kretek 5 tahun mendatang. Ada beberapa hal yang menjadi tujuan dari digelarnya debat ini, yakni mengetahui sejauh mana integritas calon, leadership, dan kapasitas kandidat dalam menjalankan program membangun Kudus ke depan.

TRENDING :  250 Pelajar SMA Sederajat Diedukasi Kesbangpol Terkait Deteksi Dini Kelompok Radikal

“Mari kita sukseskan Pilkada Kudus dengan mendatangi TPS terdekat pada 27 Juni mendatang, seluruh warga Kudus harus mengenal seluruh kandidat yang akan menjadi pemimpinnya,” terang Hanafi.

Sementara itu, Pantauan isknews.com di lokasi, para undangan yang menyaksikan debat terbuka tersebut, terlebih dahulu mengisi buku daftar tamu dan menunjukkan undangan khusus.

Setiap tamu dan para undangan harus melewati penjagaan ketat dari aparat keamanan. Khusus pendukung paslon diperkenankan masuk, namun tidak lebih dari kuota yang telah disediakan KPU.

TRENDING :  48 Anggota PPK Pemilu 2019 Dilantik

Debat terbuka yang dipandu langsung oleh moderator, Prisa Sombo Datu itu mengusung tema “Reformasi Birokrasi dan Penegakan Hukum serta Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif dan anti Korupsi”. Adapun debat sendiri dimulai tepat pukul 19.00 – 21.00 WIB, terdiri dari 6 segmen, diantaranya pembukaan, penayangan video profil paslon dilanjutkan pemaparan program dan visi-misi.

Setelah penyampaian visi misi, dilanjut segmen pertanyaan, dimana pertanyaan yang diajukan oleh moderator dijawab salah satu paslon dan pertanyaan selanjutnya dilontarkan salah satu paslon, kemudian ditanggapi paslon lain. Adapun teknis siapa yang menjawab dan menanggapi pertanyaan mana yang harus dijawab, hal itu dilakukan dengan cara diundi.

TRENDING :  Kampanye Hitam Haram di Pilkada Serentak 2018

Sesi saling bertanya dan saling menanggapi antar paslon terlihat semakin sengit, mereka saling beradu argument terkait pertanyaan yang dilontarkan. Di segmen terakhir, ditutup dengan closing statemen masing-masing paslon.

Usai debat tersebut, semua paslon meninggalkan ruangan dan diluar hotel sudah disambut meriah dari pendukung 5 paslon di depan pintu gerbang.

Mereka (paslon, -Red) bak pahlawan yang di suarakan yel-yel juga nyanyian lagu kebanggaan dari masing-masing paslon. Selang beberapa menit deretan mobil paslon berjalan beriringan keluar hotel, seketika juga para pendukung membubarkan diri dengan tertib. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :