Demokrasi, Proses Pemilihan Ketua RT di Kudus Ini Mirip Pemilu, Ada Doorprizenya Lho

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Proses pemilihan ketua RT berlangsung selayaknya pemilihan Presiden. Hal itulah yang terlihat pada pemilihan ketua RT 03 RW 03, Kelurahan Wergu Wetan Kecamatan Kota, Minggu (10/3/2019) pagi.

Melihat dari partisipasi dan antusias warga yang berdatangan dengan muka penuh keseriusan namun tak lepas dari rasa kekeluargaan.

“Tujuan dari pemilihan ini untuk melatih demokrasi bagi masyarakat, agar berpartisapasi aktif atas sistem yang dianut negara indonesia ini, maka segala sesuatu harus dimulai dari yang kecil dan dari kita sendiri,” ungkap Zaenal, Ketua Panitia.

TRENDING :  Bea Cukai Kudus Amankan Potensi Kerugian Negara Rp11,2 Miliar

Pelaksanaan pemilihan ketua RT seperti ini, selain membiasakan warga berdemokrasi juga supaya benar-benar menampung aspirasi warga secara menyeluruh. ”Adanya pemilu RT ini dapat menjaga rasa persatuan, gotong royong di tengah masyarakat,” kata dia.

Panitia juga menyediakan Doorprize bagi yang yang telah memberikan partisipasi dalam memberikan hak pilihnya.

Setelah ditentukan bakal calon ketua RT, tahapan selanjutnya panitia memberikan surat undangan ke semua warga untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan ketua RT.

TRENDING :  Ketua Persit Kudus Gerakan Anggotanya Perangi Narkoba

Sebanyak 250 daftar pemilih hadir dan menyalurkan suaranya dalam kegiatan tersebut. Mereka merupakan warga berusia diatas 17 tahun yang dibuktikan dengan kepemilikan E-KTP. ”Proses pemilihan warga yang punya hak pilih datang ke TPS dan mencoblos calon di dalam bilik suara. Usai mencoblos, pemilih kemudian memasukkan surat suara ke dalam kotak suara,” ujarnya.

Sebelumnya, ada 12 calon ketua RT yang diusung dalam pemilihan tersebut. Setelah dilakukan pemungutan dan penghitungan suara, terpilihlah calon nomor 12, Arif Syaefudin sebagai ketua RT 03 RW 03, Dukuh Pondokrejo, Kelurahan Wergu Wetan.

TRENDING :  Tempat Ini Dulu Pernah Jadi Pasar Hewan Pertama di Kudus

Arif Syaefudin ketua RT terpilih menilai kegiatan semacam ini bagus dan sangat pas untuk mensosialisasikan kegiatan Pemilu, terlebih para pemilih pemula.

“Semoga 3 tahun mendatang, saya bisa mengemban amanah yang telah diberikan masyakarat kepada saya,” harapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :