Desa Langse Wakili Kabupaten Pati Dengan Reaktor “Kapal Selam”

oleh
Desa Langse Wakili Kabupaten Pati Dengan Reaktor “Kapal Selam”
Foto: Tim Penilai Lomba Desa Mandiri Energi Tingkat Jateng didampingi Kepala OPD terkait melihat langsung Reaktor Kapal Selam di Desa Langse kecamatan Margorejo, belum lama ini. (istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Membayangkan sebuah reaktor akan tergambar tentang nuklir, tapi reaktor ini sangat jauh dari radiasi apalagi nuklir. Reaktor hasil karya warga Desa Langse kecamatan Margorejo ini merupakan sebuah instalasi pengolahan limbah kotoran kelinci, kambing dan lainnya, yang dijadikan bio gas serta pupuk tanaman.

Dengan reaktor yang diberinama Kapal Selam itulah, Desa Langse terpilih mewakili Kabupaten Pati untuk mengikuti lomba Desa Mandiri Energi Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

TRENDING :  Musafir Berumur 100 Tahun Ditemukan Warga Meninggal di Area Makam Syeh Jangkung Landoh

Seperti penuturan Kepala Desa Langse Amrudin, desanya saat ini sedang berproses menuju desa mandiri energi. Teknologi tersebut memberdayakan 10 warga masyarakat kurang mampu karena sifatnya masih percontohan, sehingga pihak desa memberikan lahan. Mulai dari memasak, listrik dan pupuk murni hasil teknologi reaktor kapal selam.

TRENDING :  Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Pemkab MoU dengan KSH

“Melihat potensi bahan baku untuk produksi bio gas di daerah kami yang melimpah, ke depan akan kami kembangkan agar teknologi tersebut bisa dimanfaatkan merata oleh warga khususnya Desa Langse,” ungkap Amrudin.

TRENDING :  Ratusan Warga Desa Pelemgede Ikuti Jalan Santai

Rencana Amrudin tersebut didasari banyaknya peternak besar di Pati yang hasil limbah ternaknya bisa dimanfaatkan menjadi biogas.

“Nantinya akan kami buat empat titik atau lokasi yang akan kami jadikan pengembangan. Inikan banyak peternak besar, jadi bisa kita manfaatkan limbah ternaknya,” ujar Amrudin. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :