Desa Loram Kulon Kudus Terpilih Ikuti Lomba Pokdarwis Tingkat Jateng

Desa Loram Kulon Kudus Terpilih Ikuti Lomba Pokdarwis Tingkat Jateng

Kudus, isknews.com – Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, terpilih menjadi salah satu dari 15 besar kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang akan diikutkan dalam lomba kelompok sadar wisata (Pokdarwis) tingkat nasional, pada 2017. Dari ke-15 besar itu, Kudus berada di ranking pertama. Lomba Pokdarwis tingkat Provinsi Jawa Tengah, untuk menentukan wakil lomba Pokdarwis tingkat nasional, akan diselenggarakan pada 22-23 Agustus 2017, di Kabupaten Batang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, Yuli Kasiyanto, melalu Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Wahjuningsih, yang dihubungi isknews.com, Rabu (16/08), di ruang kerjanya, mengatakan hal itu. Menurut dia, dari 15 besar kabupaten peserta lomba Pokdarwis itu, nantinya akan diambil enam besar, selanjutnya akan dinilai dan ditentukan juaranya, yakni mulai juara I, II dan III, serta juara harapan I, II dan III. “Juara I nantinya akan diberangkatkan ke Jakarta, sebagai utusan Provinsi Jawa Tengah, mengikuti lomba Pokdarwis tingkat nasional.”

Mengenai penilaian lomba, dia mengungkapkan, terdiri dari kelembagaan, administrasi dan kerajinan atau khas dari desa setempat. Namun nilai tertinggi pada kelembagaan dan administrasi. Untuk kerajinan khas Desa Loram Kulon yang diunggulkan adalah busana dan kain bordir, serta boneka. “Dalam pelaksanaan lomba, ada sesion presentasi tentang kelembagaan dan administrasi oleh setiap peserta, di hadapan tim penilai. Dari sisi kelembagaan, kami optimis Kabupaten Kudus bisa meraih juara pertama.”

Wahujuningsih menambahkan, selain penentuan juara tingkat Jateng, dalam lomba Pokdarwis selama dua hari itu, juga akan digelar sarasehan budaya dan pameran produk unggulan wisata. “Pameran itu akan diiikuti 35 kabupaten se Provinsi Jawa Tengah.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Bersih Desa Kedalon Kepala Desa Sambut Tamu Dengan Makan Bersama

Share This Post