Desember 2017, Target Terlaksana Aplikasi Sipintar

oleh

Kudus, isknews.com – Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dalam waktu dekat akan merealisasikan aplikasi Sistem Informasi Pendidikan Nusantara (Sipintar) supaya memudahkan warga untuk mengakses informasi yang berkaitan dengan pendidikan.

Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus melalui Sekretaris Dinas (Sekdin) Kasmudi, belum lama ini mengatakan, Sipintar direncanakan sudah bisa digunakan pada Desember tahun ini, itupun baru satu sekolah yang dijadikan percontohan.

“Kami menunjuk SMPN 1 Kudus sebagai sekolah percontohan sipintar. Nantinya, sekolah lain secara bertahap akan mengikuti dengan Cara belajar dari SMP yang sudah ditunjuk itu,” katanya saat memberikan sambutan sosialisasi aplikasi Sipintar di gedung Dekopinda yang telah digelar selama 3 hari, yaitu Rabu, 1 Nopember hingga Jum’at 3 Nopember 2017.

TRENDING :  Almarhum Brigadir Budi Wibowo Dimakamkan Dengan Upacara Militer

Setidaknya Perwakilan sekolah-sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK hadir dan telah diberikan edukasi tentang aplikasi tersebut.

Dikatakan Kasmudi, Sekarang masuk tahap lelang dan sudah ditentukan untuk pengelolaan aplikasinya. Namun sebelumnya telah dilakukan sosialisasi sebagai pengetahuan awal tentang Sipintar kepada kepala sekolah, guru dan siswa. Sehingga mereka nanti sudah ada persiapan dan dapat melaksanakan program ini.

TRENDING :  2nd Anniversary, Club Otomotif Iron Eagles Kudus Gelar Bakti Sosial di Rahtawu

Setidaknya dana Rp 400 juta telah dipersiapkan untuk merealisasikan aplikasi ini. Diharapkan, “Selain akses pendidikan lebih mudah, Pengawasan orang tua terhadap aktivitas anaknya di sekolah bisa terpantau,” tuturnya.

Bukan hanya itu saja, Aplikasi tersebut bisa menambah infomasi baru. Karena, akses yang berhubungan dengan pembelajaran termasuk bahan bacaan bisa lewat program tersebut dan bisa dibuka dimana saja. Pihaknya sangat optimis sekali.

TRENDING :  Polemik Mutasi, Kepsek Baru Enggan Unjuk Muka

Ditambahkan, Sebenarnya, launching Sipintar yang merupakan gagasan dari Bupati Kudus Musthofa itu sudah lama, namun tahun ini baru terealisasi sebab menunggu anggaran untuk aplikasinya. Selain siswa SMP, kata dia, aplikasi tersebut juga bisa digunakan siswa SD.

Saat ini hampir semua pelajar mempunyai alat komunikasi canggih sehingga mereka bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk menambah informasi baru. Untuk itulah pihaknya sangat optimis akan terlaksana dengan baik. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :