Desk Pilkada Kemenkopolhukam Pantau Persiapan Pilbup Jepara

Desk Pilkada Kemenkopolhukam Pantau Persiapan Pilbup Jepara
Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Pemkab Jepara menerima kunjungan kerja dari Tim Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) RI, Kamis (26/01/2017). Kunjungan kerja oleh rombongan tim Dukungan Elemen Satuan Kerja (Desk) Kemenkopolhukam RI, dipimpin oleh Asisten Deputi (Asdep) I Koordinator Otonomi Khusus pada Kemenkopolhukam RI, Brigjen TNI Herwin Suparjo, S.Sos, S.H dalam rangka untuk mengecek persiapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2017 pada 15 Februari 2017 di Jepara mendatang.
Kedatangan Tim Desk Pilkada ke Jepara ini, kata Herwin, merupakan upaya untuk mengetahui sejauh mana kesiapan daerah penyelenggara Pilkada Serentak 2017. “Kehadiran kami disini dalam rangka upaya sinkronisasi, harmonisasi serta mengantisipasi terjadinya kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan selama Pilkada,” ujar Herwin.
Herwin selanjutnya meminta masing-masing pihak yang terkait dengan pelaksana Pilkada serentak di Kabupaten Jepara menyampaikan ekspose terkait persiapan yang telah dilakukan. “Seluruh hasil pemaparan akan kami himpun dan sampaikan kepada Menko Polhukam guna menentukan kebijakan lebih lanjut agar penyelenggaraan Pilkada dapat berkualitas dan demokratis, di kabupaten Jepara pada khususnya dan Nasional pada umumnya,” pungkasnya.
Dalam pertemuan tersebut, Plt Bupati Jepara yang diwakilkan Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Jepara Ahmad Junaidi, M.Si menjelaskan kepada Tim Desk Pilkada Kemenkopolhukam RI bahwa, Pemkab telah menganggarkan biaya Pilkada tahun 2017 dari anggaran APBD 2016, dan APBD 2017. “Pemkab Jepara menyalurkan anggaran Pilkada melalui hibah anggaran APBD kepada penyelenggara dan pengamanan Pilbup dan Wabup Jepara 2017 yaitu, untuk KPU Jepara Rp. 25.535.232.000, Panwaslu Jepara Rp. 4.200.000.000, Polres Rp. 2.456.232.000, dan untuk Kodim 0719 Rp. 500.000.000,” ungkapnya.
Selain anggaran, Junaidi  mengungkapkan bahwa, pihaknya juga telah memberikan dukungan dari sisi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, sosialisasi serta berkomitmen membantu jika terdapat permasalahan.
Dalam kesempatan yang sama terkait pengamanan Kodim 0719 dan Polres Jepara, memaparkan kesiapan pasukan dan perlengkapan pendukung serta saling bersinergi untuk menciptakan iklim kondusif di Kabupaten Jepara sebelum dan sesudah pelaksanaan Pilbup dan Wabup Jepara 2017 mendatang.(ZA)
KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Pemkab Bangun RTK

Share This Post