Dibatalkan Pengadaan Baliho Sosialisasi Pemberantasan Rokok Ilegal

Dibatalkan Pengadaan Baliho Sosialisasi Pemberantasan Rokok Ilegal

Kudus, isknews.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Kudus, terpaksa membatalkan pengadaan baliho sosialisasi pencegahan dan pemberantasan rokok ilegal. Pasalnya sampai dengan berakhirnya masa diberlakukanya anggaran APBD Kabupaten Kudus TA 2016, pengajuan desain baliho tersebut, tidak mendapatkan persetujuan dari atasan. Karena pembatalan itu, anggaran yang dialokasikan untuk proyek tersebut, dikembalikan ke kas daerah.

Kepala Seksi (Kasie) Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Sat Pol PP Kabupaten Kudus, Purnomo, yang dihubungi isknews.com, di ruang kerjanya, Senin (09/1), membenarkan hal itu. Menurut dia, terkait pengadaan baliho untuk menggantikan baliho yang sudah rusak dan hilang, pihak Sat Pol PP sudah mengajukan berulang kali, namun desain yang ditawarkan ke pada atasan, yakni Bupati Kudus H Musthofa, belum disetujui. “Sudah lebih dari lima kali, pengajuan itu kami lakukan, masih tetap tidak disetujui, sehingga karena sudah melampaui batas berlakunya APBD Kabupaten Kudus 2016, pengadaan baliho itu kami batalkan.”

Konsekuensi dari langkah tersebut, ungkapnya lanjut, anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan baliho yang sumbernya dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) TA 2016 itu, tidak diambil, atau dengan kata lain, dikembalikan ke kas daerah. “Hal itu sudah menjadi ketentuan sesuai perundang-undangan yang berlaku, tidak boleh terjadi ada sisa anggaran dalam penggunaan APBD. Jika ada sisa harus dikembalikan ke kas daerah.”

Pada TA 2016 lalu, Sat Pol PP Kabupaten Kudus, menganggarkan Rp 39,8 juta, dana dari DBHCHT TA 2016, untuk perbaikan baliho sosialisasi pencegahan dan pemberantasan rokok dan cukai ilegal. Dari 22 baliho yang tersebar di sejumlah lokasi di Kabupaten Kudus, terdiri atas yang berukuran 3 x 4 meter 16 buah, sisanya yang 6 buah, berukuran 4 x 6 meter. “Dari sejumlah itu, 12 buah sekarang ini mengalami rusak berat dan ringan, sehingga perlu dilakukan perbaikan,” jelas Kasie Trantibum Sat Pol PP Kabupaten Kudus itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Resik Resik Kali Dawe Di Mejobo

Share This Post