Didanai APBD Peserta UMKM Expo 2017 Kudus Tidak Dipungut Beaya

oleh

Kudus, isknews.com – Pameran produksi unggulan Kabupaten Kudus berlabel “Kudus Industri dan UMKM Expo 2017”, akan dimulai Rabu (27/08) malam ini. Bupati Kudus H Musthofa, dijadwalkan akan membuka pameran tersebut, pada pukul 19:30 WIB. Selanjutnya expo itu akan berlangsung selama lima hari, sampai 1 Oktober 2017, di alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Panitia penyelenggara, menyediakan sebanyak 72 stand, peserta tidak dikenakan beaya sepeser pun, karena even itu didanai Anggaran APBD (APBD) Kabupaten Kudus Tahun Anggaran (TA) 2017.

Kepala Seksie (Kasie) Usaha Kecil Menengah Makro (UKKM) Dinas Perindustrian Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi (Disperinakertrans Kop dan UMKM) Kabupaten Kudus, Ganda Uli Saragih, yang dihubungi isknews.com, Rabu (27/08), mengatakan hal itu. Menurut dia, karena disediakan gratis, hampir sebagian peserta pameran mengambil lebih dari satu stand, ada yang dua stand, lima bahkan 10 stand, sesuai kebutuhan banyaknya barang yang dipamerkan. “Sampai hari H dimulainya pameran ini, semua stand sudah penuh.”

TRENDING :  Awas Warga Jangan Kecele, Hari Minggu Besok CFD Libur

Karena adanya kebijakan penggunaan stand seperti disebutkan di atas, lanjutnya, jumlah peserta lebih sedikit dari jumlah stand yang disediakan. Hal itu karena setiap peserta yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kecamatan, selain membuka stand untuk institusinya, juga menampilkan UMKM binaan di lingkungan dinas mau pun di wilayahnya. Sebagai contoh, kecamatan di Kudus ada sembilan, kalau setiap kecamatan menampilkan sedikitnya dua UMKM, jumlahnya sudah berapa.”Belum termasuk OPD yang di Kudus jumlahnya 11, masing-masing OPD itu juga mempunyai UMKM binaannya.”

Dia menambahkan, adanya jumlah peserta yang di luar dugaan, panitia pun menambah jumlah stand yang semula direncanakan 72 menjadi 75 stand. Ukuran stand di dalam tenda, 3 x 2,5 meter, fasilitas yang disediakan terdiri dari penerangan listrik, partisi dan alat pendingin ruangan, semuanya gratis karena didanai dari APBD Kabupaten Kudus TA 2017, sebesar Rp 1,13 miliar.

“Mengenai anggaran itu, bisa dilihat, tercantum di LPSE Kabupeten Kudus 2017, kegiatan pengadaan barang dan jasa Industri dan UMKM Expo 2017, anggaran sebesar Rp 1,13 miliar, Dinas Perinakertrans Kop dan UMKM Kabupaten Kudus.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :