Diduga Palsukan SPP Dana Desa, Kades Sumber Diberhentikan

by
isknews

Rembang, isknews.com (Lintas Rembang) – Setelah terjerat kasus menyelewengkan Dana Desa (DD), melalui surat keputasan Bupati Rembang Nomor 141/0002/2018 Kepala Desa Sumber – Sucipto, diberhentikan sementara oleh Bupati Rembang. Untuk mengisi kekosongan, Sunawi mantan Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Krikilan, Kecamatan Sumber ditunjuk menjadi Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Desa Sumber, kecamatan Sumber.

TRENDING :  Belasan Balon Perebutkan Empat Kursi Kosong Perangkat Desa Tamansari

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Sumber – Kamdani mengatakan, Sunawi terpilih sebagai Pj. Kades Desa Sumber merupakan hasil yang dikehendaki masyarakat melalui musyawarah Badan Permusyawaratan Desa (BPD), lembaga desa dan tokoh masyarakat setempat. Dalam beberapa kali diskusi, pihaknya menyodorkan beberapa ASN lokal desa Sumber, namun ditolak karena dimungkinkan dari segi kemampuan, netralitas dan kesibukan dirasa kurang.

“Hasil itu merupakan kehendak dari masyarakat melalui musyawarah BPD, lembaga desa dan tokoh masyarakat. Dan sudah saya kasih beberapa ASN namun ditolak karena dikira kurang netral dan kesibukannya dapat mengganggu kinerjanya,” ujarnya.

TRENDING :  Dengan Dana Desa Sugiharjo Giatkan Pembangunan Infrastruktur

Sodoran nama-nama alternatif ke pihak desa juga diusulkan yaitu mantan Sekdes Krikilan dan mantan Sekdes Sekarsari – Sudiharto. Namun demikian, pada akhirnya pilihan mengerucut ke mantan Sekdes Krikilan dan pada hari Rabu (10/1/18) secara otomatis jabatan Sunawi sebelumnya dinonaktifkan.

TRENDING :  Pemkab Siaga Kebersihan Seusai Gagal Tahap Pertama Penilaian Adipura

KOMENTAR SEDULUR ISK :