Diduga Selewengkan DD Kepala Desa Klecoregonang Pati Digruduk Warga

oleh
ISKNEWS.COM
Balaidesa Klecoregonang dipenuhi warga yang menuntut transparansi penggunaan Dana Desa, Rabu (12-9-2018). (ivan nugraha)

Pati,ISKNEWS.COM-Dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) yang dilakukan oleh Kepala Desa Klecoregonang, Kecamatan Winong Pati memicu aksi ratusan warga desa setempat, Rabu (12-9-2018). Tuntutan agar Kades bisa lebih transparan dalam pengelolaan DD pun mengemuka.

Koordinator aksi Jasman mengatakan, ada hal-hal mencurigakan dalam mekanisme pengelolaan DD tahun 2017. Apalagi, secara fisik pengaspalan jalan juga belum terlaksana dengan baik.

“Kita ini kan mendapatkan jatah DD setiap tahunnya, tetapi secara fisik kok masih banyak jalan yang rusak. Ini kan perlu diklarifikasi,” ungkapnya.

TRENDING :  Persipa Menjamu Persikaba Dalam Latih Tanding

Sebagai Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pihaknya juga mempertanyakan alur penggunaan DD tersebut. Padahal, setiap tahunnya dari pemerintah pusat sudah ada dana yang masuk ke desa. Ia mengaku curiga dengan alur dana tersebut, menurutnya selama ini laporan pun kurang transparan sehingga warga meminta penjelasan dari kepala desa.

TRENDING :  Rayakan Kelulusan Siswa SMK TBI Pati Bersihkan Tempat Ibadah

Sementara itu, Kades Klecoregonang Halimi mengaku, selama ini dalam pelaksanaan penggunaan DD, sudah sesuai dengan aturan. Bahkan, sebelumnya, pihaknya sudah melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) bersama dengan masyarakat. Tetapi pada saat itu banyak yang tidak hadir, padahal sudah ada undangan.

TRENDING :  Kapal Nelayan Juwana Dilaporkan Terguling di Perairan Selat Makasar

“Penggunaan DD itu sudah sesuai dengan Musrenbangdes yang juga sudah disetujui oleh BPD,” terangnya.

Diakuinya, pada 2017 lalu ada 16 titik pembangunan termasuk diantaranya pembangunan gorong-gorong, rabat beton dan pengaspalan sebagian jalan.

“Semua laporannya masih kami simpan dan kami juga siap menjelaskan kepada masyarakat. Buktinya juga masih ada semua,” tandas Halimi. (IN)

KOMENTAR SEDULUR ISK :