Digunakan Untuk Membangun Talud Dan Bendungan, Kudus Terima Proyek Bangub Senilai Rp 2 M

Kudus, isknews.com – Kabupaten Kudus, pada TA 2016 ini, menerima proyek bantuan keuangan Gubernur (Bangub) Provinsi Jawa Tengah. Bantuan yang pencairannya melalui Dinas Bina Marga Pengairan Energi Sumber Daya Mineral (BPSDM) Kabupaten Kudus, digunakan dialokasikan untuk pembuatan talut dan bendungan di dua daerah irigasi (DI), masing-masing Rp 1 miliar.

Kepala Seksi (Kasie) Pembangunan Sumber Daya Alam (PSDA) Dinas Bina Marga Pengairan Energi Sumber Daya Manusia (BPESM) Kabupaten Kudus, Hari Wibowo, saat dihubungi isknews.com, di ruang kerjanya, Jumat (16/8).
Menurut dia, anggaran Bangub itu baru cair pada awal September 2016 ini, namun hal itu tidak menjadi masalah, karena masih cukup waktu untuk mengerjakan sampai batas waktu yang ditargetkan pada 17 Nopember 2016. Lama pengerjaan selama 120 hari kerja, terhitung sejak 21 Juli 2016. “Kepada rekanan yang mengerjakan proyek tersebut, juga sudah kami beritahukan mengenai hal itu. Para rekanan bisa nenerima.”

Baca Juga :  Surat Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Tol Semarang Demak Diterbitkan

Proyek bantuan Bangub itu, dalam pelaksanaannya dijadikan satu paket dengan proyek APBD Perubahan TA 2016. Proyek tersebut adalah pembuatan talud saluran irigasi Daerah Irigasi (DI) Kedunggupit dan DI Jararanan dengan dana pagu (plafon anggaran) masing-masing Rp 1 miliar.

Meskipun besarnya anggaran sama, namun volume yang dikerjakan menyesuaikan dengan kebutuhan. Untuk DI Kedunggupit pengerjaannya di ruas saluran Jalan RM Sosrokartono, Desa Kaliputu, Kecanatan Kota, mulai dari jembatan depan TMP Satya Pertiwi ke arah utara. Proyeknya berupa pembuatan talud sepanjang total 800 meter di kedua sisi, atau masing-masing 400 meter.

Baca Juga :  TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2016 Kodim 0722 Kudus Hari Ini Resmi Ditutup

“Sedangkan untuk proyek irigasi DI Jaranan, di Desa Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, volume pengerjaan yang penyerapan anggarannya terbesar, pada perbaikan bendungan, selebihnya pembuatan talud di kedua sisi saluran, masing sepanjang 200 meter. “Bendungan tersebut rusak hampir keseluruhan, diantaranya harus diganti dengan bangunan baru, adalah pintu air yang rusak total,” ujar Kasie PSDA Dinas BPESDM Kabupaten Kudus itu.(DM).

Baca Juga :  Kerusakan Jalan Sumber Tanggung Jawab Pertamina
APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?