Diikuti 562 Peserta, MQK dan Pospeda Sebagai Ajang Silaturahim Antar Pesantren di Kudus

Diikuti 562 Peserta, MQK dan Pospeda Sebagai Ajang Silaturahim Antar Pesantren di Kudus

Kudus, isknews.com – Lomba Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) dan Pekan olah raga Seni Pondok Pesantren (POPESDA) Tingkat Kabupaten Kudus tahun 2017 telah dilaksanakan di Ponpes Assa’idiyyah Alqudsy Desa Kirig Kecamatan Mejobo Kudus, Senin (30/10/17) dengan tema “Pesantren untuk penguatan karakter dan kepribadian bangsa”.

Peserta adalah Santri Pondok Pesantren di Kabupaten Kudus, dengan jumlah total 562 peserta yang terdiri dari MQK sebanyak 152 Laki-laki, 71 perempuan dan POSPEDA sebanyak 226 laki-laki dan113 perempuan.

Hal itu dikatakan Kasi PD Pontren pada Kankemenag Kabupaten Kudus, M. Kafit, M.Pd

Ditambahkan, Adapun jenis lomba pada MQK Marhalah Ula meliputi Tarikh, Fiqih, Nahwu, Hadits. Marhalah Wustha meliputi Tafsir, Fiqih, Nahwu, Hadits, Ushul Fiqih dan Marhalah Ulya meliputi Tafsir, Fiqih, Nahwu, Hadits, Ushul Fiqih.

TRENDING :  MTQ Pelajar & STQ Kudus, Membina Generasi Muda Qur'ani dan Berakhlak Mulia
Foto : Lomba MQK dan POPESDA Tingkat Kabupaten Kudus tahun 2017 di Ponpes Assa’idiyyah Alqudsy. (Dok. Isknews.com)

Untuk jenis Pospeda pada bidang Olahraga diantaranya futsal (Beregu), Bulutangkis (Putra-Putri) dan Tenis Meja. Kemudian untuk jenis lomba Seni meliputi Kaligrati, Kerajinan Tangan (Kriya), Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Qosidah/Seni Rebana dan Stand Up Comedy.

Dijelaskan Kafit, Tujuan Utama dari Penyelenggaraan kegiatan ini adalah adalah Untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan santri dalam melakukan kajian dan pendalaman ilmu ilmu agama Islam dari sumber kitab kitab berbahasa Arab/Kitab kuning.

Menyediakan sarana pembinaan bidang olahraga dan seni para santri di Kabupaten Kudus. Untuk menjalin silaturrahim antar santri Pondok Pesantren di Kabupaten Kudus, dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Sasaran penyelenggaraan MQK dan POSPEDA adalah para Santri Pondok Pesantren di Kabupaten Kudus yang memiliki kemampuan dalam membaca, menterjemahkan, dan memahami/mengkaji kitab-kitab kuning serta memiliki potensi untuk berprestasi di bidang olahraga dan seni.

TRENDING :  Dandim Beserta Tokoh Masyarakan Dan Ormas, Laksanakan Do’a Bersama

Adapun anggaran pelaksanaan kegiatan ini bersumber DIPA Kankemenag Kabupaten Kudus yang berasal dari dana Hibah APBD Kabupaten Kudus Tahun anggaran 2017.

Sedikitnya 350-an peserta Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut, diantaranya Drs.Budi Rahmat,MM (Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Kudus), Drs.H.Noor Badi MM (Kepala Kemenag Kab. Kudus), H. Ahmad Khamdani, Lc (Ketua MUI Kab Kudus), Pengasuh/pimpinan Pondok Pesantren se Kab Kudus, Harso Widodo, AP (Camat Mejobo), Kapten Inf Sukaryono (Danramil Mejobo), Iptu Uji Andi,SH (Waka Polsek Mejobo), H. Khakim, S.Ag (Ketua yayasan Assa’idiyyah), H.Sulebi, S.Pd,M.Pd.(Pengawas Pendidikan Agama Islam), Kaharyudi (Kades Kirig), Bhabinkamtibmas dan Babinsa dan anggota dewan juri.

Foto : Lomba MQK dan POPESDA Tingkat Kabupaten Kudus tahun 2017 di Ponpes Assa’idiyyah Alqudsy. (Dok. Isknews.com)

Dalam sambutannya, Drs. H Budi Rahmat, MM. (Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Kudus) mengatakan, Pelaksanaan kegiatan MQK dan POSPEDA tahun 2017 tingkat Kabupaten Kudus nantinya akan memberikan dampak manfaat yang sangat besar di dalam membentuk serta membangun katakter para santri berkualitas agar lebih mandiri dalam rangka untuk menyongsong dan mengikuti perkembangan zaman era globalisasi. “MQK dan Pospeda sebagai ajang silaturahim antar pesantren di Kudus,” tandasnya.

TRENDING :  Banyak CJH Pati Mengidap Penyakit Resiko Tinggi

Pondok pesantren juga mempunyai tugas fungsi sebagai penguatan karakter yang berkepribadian bangsa sehingga nantinya akan menghasilkan dan melahirkan santri hebat untuk agama serta NKRI.

“Kami atas nama pemerintah Kabupaten Kudus juga mengucapkan banyak berterima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan partisipasinya dalam terselenggaranya kegiatan ini,” ucapnya (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post