Dikembalikan Fungsinya, Lapangan Cendono Dalam Proses Pemulihan

oleh
Dikembalikan Fungsinya, Lapangan Cendono Dalam Proses Pemulihan
Foto: Terlihat alat berat yang sedang melakukan pembersihan di lapangan Cendono Dawe Kudus. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM — Tanah lapang bekas relokasi pedagang pasar piji saat ini dalam proses pemulihan. Lapangan yang masuk wilayah Desa Cendono, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus itu saat ini sedang proses pembersihan sampah. Setidaknya ada tiga alat berat yang diterjunkan untuk membantu proses pembersihan sampah.

Diketahui, lapangan tersebut sudah digunakan sebagai penampungan Pasar Piji selama dua tahun lamanya, dikarenakan Pasar Piji tengah direnovasi. Setelah pembangunan pasar selesai, pada 23 April lalu, para pedagang yang berada di lapangan kembali berdagang di Pasar Piji. Setelahnya, lapangan yang tidak lagi digunakan sebagai penampungan pasar piji itu beberapa bulan kondisinya memprihatikan karena banyak sampah berserakan.

TRENDING :  Program BPNT Kudus Akan Diluncurkan Bulan Oktober

Syaifuddin, Ketua Karangtaruna Cakra Buana Cendono mengatakan, pihaknya berusaha mengupayakan supaya lapangan dapat kembali digunakan untuk aktifitas semula, misal olahraga dan kegiatan umum lainnya.

“Biasanya lapangan ini dimanfaatkan para pemuda untuk main sepak bola, Tapi semenjak penuh sampah jadi terbengkalai,” ujarnya. “Jika ingin olahraga, kami harus menumpang di lapangan desa tetangga atau sebagian yang lain menyewa ditempat Futsal,” imbuhnya.

TRENDING :  Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan di Sejumlah Ruas Jalan

Dikatakanya, rapat dan koordinasi dengan pengelola pasar dan pemerintah desa beberapa waktu lalu. Diputuskanlah Rabu (4/7/2018) awal dimulainya pembersihan.

Sementara itu, Supriyadi, Mador Pembersihan Lapangan Cendono mengatakan, Saat ini, sedang proses membersihkan sampah. Kami bersihkan dengan dua truk untuk muat sampah dan tiga alat berat. Yakni loader dan dozer serta dan slender untuk pemadatan tanah. Sampah yang bercampur tanah, kami buat nguruk lahan di sebelah selatan lapangan.

TRENDING :  Berhasil Diringkus Polisi, Curi Tas Saat Korban Shalat Di Masjid

Kami targetkan pembersihan selesai Kamis (12/7/2018) mendatang. Sebab, Pembersihan tidak bisa satu atau dua hari karena luas lapangan mencapai sekitar satu hektare.

Terpisah, Kepala Desa Cendono, Muhlish berharap, lapangan desa cendono bisa kembali ke fungsinya semula. Bisa digunakan untuk olahraga. Musim hujan nanti rumputnya bisa tumbuh dan kembai hijau.

Ditambahkannya, “Proses pembersihan lapangan cendono kucuran dananya diperoleh dari Dinas Perdagangan Kudus,” terangnya. (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :