Dilakukan Dari Rumah ke Rumah, PSN dengan 3M di Tumpang Krasak

Dilakukan Dari Rumah ke Rumah, PSN dengan 3M di Tumpang Krasak

Kudus, isknews.com – Puskesmas Desa Ngembal Kulon, bekerja sama dengan Pemerintah Desa Tumpang Krasak, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, mengadakan Sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Kegiatan yang berlangsung Jumat (24/11/17), mulai pukul 06:00 WIB itu, dipusatkan di Dukuh Badongan RT 01 RW III Desa Tumpang Krasak.

Sosialisasi dipimpin oleh Kepala Puskesmas Ngembal Kulon, dr. Mustiko wibowo. Inti dari sosialisasi, adalah PSN dengan program 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur) yang sudah sangat kita kenal, menjadi salah satu cara mengendalikan perkembangbiakan nyamuk secara lingkungan.
Pemberantasan sarang nyamuk secara lingkungan, bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut , M yang pertama Menguras, dilakukan pada semua tempat penampungan air secara teratur, setidaknya seminggu sekali, karena telur nyamuk membutuhkan waktu sekitar 7-10 hari untuk bisa berubah menjadi nyamuk. Jadi sebelum telur itu berubah jadi nyamuk, tempat perkembangbiakannya sudah kita bersihkan.

Selanjutnya, M yang kedua : Menutup, yakni menutup rapat tempat penampungan air, ini juga dilakukan agar tempat-tempat tersebut tidak bisa dijadikan nyamuk untuk berkembang biak. “Dan M yang ketiga Mengubur dan menyingkirkan barang-barang bekas yang bisa menampung air, serta mengganti air yang ada pada vas bunga atau tempat minum di sarang burung, setidaknya dilakukan seminggu sekali.”
Selanjutnya, tim kesehatan Puskesmas Ngembal Kulon, melakukan sosialisasi 3M dari rumah ke rumah warga masyarakat, di di Dukuh Badongan RT 01 RW III Desa Tumpang Krasak.
Hadir, Kades Tumpang Krasak, Bambang Gunarjo, Ketua BPD Tumpang Krasak Suyatno, Babinkamtibmas dan Babinsa beserta Anggota koramil 02/Jati Dim 0722/Kudus, penggerak PKK serta warga masyarakat Desa Tumpang Krasak. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Sungai Penyebab Banjir Itu Dipenuhi Enceng Gondok Dan Rumput-Rumput Liar

Share This Post