Dinamo Starter Korslet, Penyebab Truk Tronton Terbakar di Proliman Tanjungkarang Kudus

oleh
Dinamo Starter Korslet, Penyebab Truk Tronton Terbakar di Proliman Tanjungkarang Kudus
Foto: Petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api yang membakar truk tronton yang mengangkut air mineral, yang terbakar di sekitar Proliman Tanjungkarang Kudus, Jumat (21/9/2018). (Yuliadi Mohammad/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Sebuah truk bermuatan air mineral dalam kemasan terbakar tak jauh dari traffic light Proliman Tanjungkarang, Kecamatan Jati Kudus, Jumat (21/09/2018) malam.

Truk tronton jenis Hino FL, box Alumiium buatan tahun 1999 dengan nomor polisi B 9364 EJ, milik PT Duta Mas Jakarta berangkat dari Pasuruhan Jawa Timur pada pagi harinya menuju Kota Semarang, guna membongkar muatannya berupa kardus kardus berisi botol air mineral merek Ades.

Tetapi ketika mendekati lampu merah Proliman Tanjungkarang, pengemudi truk Ahmad Ghofur (41) warga Lido Bogor, merasakan ada api yang menyala dari mesin yang ada dibawah kabin Truknya, dan semakin lama semakin berasa panas.

TRENDING :  Kecelakaan di Patura Pati - Rembang

Tak lama beraelang api menjilat kabin bagian dalam pengemudi yang bekerja secara solo ini. Melihat itu Ghofur segera keluar menyelamatkan diri.

“Saya tak sempat berfikir panjang, saya harus selamatkan diri saya, lalu saya tepikan truk ke pinggir kanan dan saya melompat turun dari kabin, bahkan saya tak sempat meikirkan barang barang saya yang tertinggal di dalam kabin termasuk surat-surat truk ini dan satu ponsel saya hangus terbakar,” katanya.

TRENDING :  Elpiji Langka, Pemkab Gelar Operasi Pasar di Lima Titik

Api memang sempat membesar dan membubung tinggi yang berasal dari bagian mesin di bawah kabin. Akibatnya ruang kemudi luluh lantak terbakar. Sedangkan pada bagian box truk tidak begitu parah karena terlindung bodi alumunium yang rapat.

Petugas pada saat di lokasi tidak bisa membuka bagian dalam box untuk memeriksa kemungkinan isinya terbakar atau tidak. Sebab semua dikendalikan secara elektronik baik mesin maupun baterai.

“Sudah dicoba dibuka untuk melihat kondisi muatan di dalam box, namun karena mesin tak bisa dinyalakan akibat baterainya ikut hangus terbakar, sumber api sepertinya dari arus pendek dynamo starter mobil ini,” terang Ghofur.

TRENDING :  Penipuan Dengan Modus Gendam Berhasil Diamankan Polsek Juwana

Sejumlah pemadam kebakaran akhirnya berdatangan memadamkan dan selang sejam kemudian si jago merah dapat dikendalikan. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran truk tersebut. Hanya saja kerugian menurut taksiran petugas BPBD Kudus yang ikut memadamkan api mencapai Rp 100 juta.

Kebakaran yang terjadi sempat membuat arus tersendat hampir satu jam, akibat penutupan akses jalan yang dari timur untuk memberi ruang pada empat armada pemadam kebakaran. (MK/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :