Dinas Arpuskab Pati Berencana Luncurkan E-Arsip

oleh -894 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Meski dengan anggaran yang terbatas, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten (Arpuskab) Pati bakal mengelola data kearsipan dengan baik. Selain itu, dinas tersebut juga bakal menunjuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dibidang kearsipan daerah.

“Terus terang SDM di Arpuskab ini masih sangat minim, apabila kami melakukan penataan kearsipan dengan baik. Belum lagi, nanti ada penjagaan oleh orang yang benar-benar kompeten dalam mengolah kearsipan itu,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Arpuskab Pati, Soeharto Dwi Poerbono, Senin (20/11/2017).

Meski begitu, lanjut dia, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin, agar semua dokumen kearsipan bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat. Bahkan, dia berencana untuk membuat e-Arsip atau arsip online sehingga para peneliti, mahasiswa ataupun masyarakat umum bisa mengaksesnya dengan mudah.

“Kedepan kami berencana untuk membuat e-Arsip ini modelnya online. Tujuan kami agar semua orang bisa mengaksesnya dengan mudah dan kapan saja,” bebernya, selepas Publik Hearing Raperda Penyelenggaraan Kearsipan di Aula Dinas Arpuskab Pati.

Imbuh Dwi, dengar pendapat sendiri memiliki fungsi supaya kearsipan di lingkungan Kabupaten Pati bisa tertata dengan baik. Nantinya, apabila ada yang mencari arsip-arsip daerah, baik untuk kegiatan penelitian ataupun kegiatan lainnya bisa dipermudah.

“Raperda yang kami susun, penataan kearsipan di Pati semakin baik karena penyelenggaraan kearsipan ini harus melibatkan semua pihak, maka dari itu dengar pendapat sangat penting dilangsungkan,” tandasnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :