Dinas Ciptakaru Gelar Apel Kesiapan Petugas Dan Armada Kebersihan Dan Pertamanan

Dinas Ciptakaru Gelar Apel Kesiapan Petugas Dan Armada Kebersihan Dan Pertamanan

KUDUS, isknews.com – Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Ciptakaru) Kabupaten Kudus, mengadakan apel untuk para pengemudi beserta armadanya. Apel yang berlangsung Jumat (11/9) siang, sehabis sholat Jumat, di lapangan Desa Rendeng Kecamatan Kota itu, semua pengemudi sebanyak 269 orang dibariskan beserta armadanya. Hadir Asisten 1, 2 dan 3 Setda Pemkab Kudus, Agus Budi Satrio, Budi Rachmad dan Yuli Kasiyanto, Kepala Bagian Asset Pemkab Kudus, Edi Joko Pramono, dan pejabat Kantor DPPKD da Bappeda.

Kepala Dinas Cipta Karu Kabupaten Kudus, Hj Sumiyatun, dalam laporannya mengatakan, tujuan dari apel tersebut, adalah dalam rangka cek kondisi dan kesiapan armada, dalam melayani masyarakat yang kebersihan dan pertamanan. Karena itu dalam apel tersebut, dihadirklan semua kekuatan armada Dinas Cipta Karu (DCK), kecuali yang rusak berat dan tidak layak.

TRENDING :  Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Lantik Kepala Daerah

Adapun jumlah pengemudi atau operator, sebanyak 269 orang, dengan jumlah armada yang sama (269 unit), terdiri atas dump truk 28 unit, yang dalam kondisi baik (KB) 15, rusak berat (RB) 7, tidak layal (TL) 5, dan rusak ringan (RR) 1 unit, armada rool/engkel 10 unit, KB 6, RB 3, RR 1 unit, pemadan kebakaran 5 unit, KB 4, RR 1 unit, roda dua 28 unit, KB 10, RB 1, RR 17 unit, roda tiga 45 unit, KB 24, RB 17, RR 17 unit, kendaraan kantor 10 unit, KB 8, TL 2 unit, alat berat 4 unit, KB 2, RR 2 unit, dan armada becak sampah 104 unit, kondisi baik 104, rusak berat 31 unit.

TRENDING :  ​Dandim 0722 Kudus Buka TMMD Sengkuyung II Desa Sadang

“Sengaja kami mengundang Bupati Kudus, yang dalam hal ini diwakili para asisten, juga pimpinan DPPKD, Bagian Asset dan Kantor Bappeda, untuk memberikan pengarahanh kepada para pengemudi, dan ikut menyaksikan kondisi dan kesiapan armada DCK, dalam rangka pelayanan kepada masyarakat,” tegas Sumiyatun.

Agus Budi Satrio, dalam pengarahannya mengatakan, sama dengan pejabat aparatur negara sebagai pelayanan masyarakat, tugas dan fungsi pengemudi atau operator armada dinas cipta karu, adalah juga pelayan masyarakat, yakni di bidang persampahan, pertamanan, termasuk juga pemadam kebakaran. Armada DCK mempunyai peranan penting dalam menciptakan Kabupaten Kudus menjadi kota yang bersih, indah, dan nyaman, sebagaimana program yang dicanangkan Bupati H Musthofa, menuju rakyat yang makin sejahtera. “Untuk itu semua, perlu adanya dukungan dari semua pihak, termasuk di tingkat desa, ada kepedulian setiap desa mempunyai satu armada sampah roda tiga. Itu menjadi tugas DCK untuk merumuskan menajemen persampahan.”

TRENDING :  Kordinasi Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tingkat Kecamatan Mejobo

Usai pengarahan, para pejabat melakukan cek langsung armada, dan mengadakan dialog dengan para pengemudi, yang berlangsung dalam suasana akrab dan diselingi senda gurau.

Sumiyatun, yang dihubungi isknews.com, usai acara, mengatakan, tujuan dari apel , adalah memberikan motivasi agar lebih bersemangat bekerja, dan memahamai kewajiban dan tugas mereka, yakni selain sebagai operator, juga merawat armada agar selalu baik, bersih dan ready. “Di samping dirawat mesin dan fisiknya, setiap dioperasikan, kondisi kendaraan berangkat dan pulang dalam keadaan bersih.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post