Dinas Kesehatan Kudus Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Ca Serviks

Dinas Kesehatan Kudus Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Ca Serviks

Kudus, Isknews.com – Kanker serviks atau kanker leher rahim (sering juga disebut kanker mulut rahim) merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak terjadi bagi kaum wanita. Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), infeksi merupakan faktor risiko utama kanker leher rahim. Setiap tahun, ratusan ribu kasus HPV terdiagnosis di dunia dan ribuan wanita meninggal karena kanker serviks, yang disebabkan oleh infeksi itu.

Untuk itulah, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus melakukan sosialisasi deteksi dini kanker ca serviks yang tahun 2016 ini dikhususkan 12 titik desa di wilayah kecamatan Jekulo Kudus.

Acara yang bertempat di kantor kecamatan Jekulo pada (25/11/2016) ini dihadiri 70 peserta dari Ibu-ibu PKK, perwakilan guru, istri pejabat, polsek, di wilayah Jekulo, dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu Dr Hari SpOG, dr Sutarno dan dr. Hikari.

BACA JUGA :  Iuran BPJS Perangkat Desa Tak Dibayarkan

Rini Astuti Rahmad, pemerhati perempuan sekaligus penggiat cr Serviks di Kabupaten Kudus, saat ditemui Isknews.com mengatakan bahwa berawal dari keprihatinan terhadap masyakarat yang masih minim dan tingkat kesadaran akan pentingnya kesehatan pribadi nya dan orang banyak, maka kami menggelar sosialisasi ini.

Pihaknya menambahkan, “Lewat sosialisasi ini, selain informasi kesehatan mengenai kanker serviks, juga kami memberikan pendampingan disaat terjangkit penyakit tersebut, dari mulai bidan desa ke puskesmas setempat, hingga dibantu ke rumah sakit rujukan.”tandasnya.

“Sesuai arahan dari Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo, diharapkan informasi dari sosialisasi ini bisa diteruskan ke bawah, karena penyakit ini di Indonesia sudah termasuk akut atau darurat,”Pungkasnya. (AS)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post