Dinas Kesehatan Kudus Gencar Sosialisasi Imunisasi MR

by

Kudus, isknews.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus saat ini gencar sosialisasi dan kampanye imunisasi measles rubella (MR) ke semua lintas sektor. Tak terkecuali pada pengajar di tingkat pendidikan supaya mereka memahami arti pentingnya imunisasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Joko Dwi Putranto, melalui Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular, dokter F Hikari Widodo, kepada isknews.com Rabu, (21/6) membenarkan akan hal itu. “Sebelum lebaran tahun ini, seperti yang telah dilaksanakan pada Senin (19/6) lalu, sosialisasi diperuntukkan untuk sektor pendidikan, baik tingkat SD maupun SMP,” imbuhnya

TRENDING :  Jama'ah Masjid An Nuur Dan PRM Mlati Kidul Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Menurut Hikari, Imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan.

Sedangkan Imunisasi JE diberikan untuk melindungi dari radang otak karena infeksi virus Japanese Ensefalitis. Sementara imunisasi Pneumokokus diberikan untuk melindungi anak-anak dari radang paru karena infeksi bakteri pneumokokus.

TRENDING :  Izin Albothyl Dibekukan, Masyarakat Diminta Hentikan Pemakaian

Adapun rencana aksi pelaksanaan vaksin baru tersebut adalah pelaksanaan kampanye vaksin MR akan menyasar anak usia 9 bulan <15 tahun dan kemudian diikuti dengan pengenalan (introduksi) imunisasi Rubella kedalam program imunisasi nasional memakai vaksin MR menggantikan vaksin campak yang selama ini dipakai. “Jadi ini cukup penting dan jangan dipandang sebelah mata,” ujarnya.

TRENDING :  Petambak Sambilawang Diresahkan Matinya Ribuan Ikan Di Sungai
KOMENTAR SEDULUR ISK :