Dinas PKPLH Kudus Belum Mampu Penuhi Permintaan Armada Sampah Untuk Pedesaan

oleh
ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus, hingga saat ini, belum mampu memenuhi permintaan atau kebutuhan armada sampah berupa dump truk, untuk pedesaan di Wilayah Kabupaten Kudus. Karena keterbatasan jumlah armada dump truk milik Dinas PKLPLH yang hanya 20 unit, hanya bisa melayani desa – desa di Kecamatan Kota.

TRENDING :  PASAR JAMBU BOL PINDAHAN

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PKPLH Kabupaten Kudus, Abdul Halil, yang dihubungi isknews.com, Selasa (09/01/18), di ruang kerjanya, membenarkan hal itu.

Menurut dia, hampir semua desa di Kabupaten Kudus yang jumlahnya 130 desa/kelurahan, mengajukan bantuan armada pengangkut sampah ke Dinas PKPLH. Armada yang diminta adalah dump truk. Meskipun permintaan dalam bentuk proposal yang diajukan oleh pemerintahan desa itu sudah sesuai prosedur, yakni melalui camat setempat dan bupati, namun dinas belum bisa mengabulkan.

TRENDING :  KPU Tetapkan DPS Hasil Perbaikan Untuk Pilleg 2019 di Kudus Sebanyak 623.429 Pemilih

“Selain jumlah armada sampah truk dump yang sekarang ini terbatas, hanya 20 unit, pada TA 2018 ini Dinas PKPLH tidak ada kegiatan penambahan armada sampah.”

Adapun jumlah sampah yang dimiliki Dinas PKPLH Kabupaten Kudus sekarang ini, lanjutnya, sebanyak 261 unit. Rinciannya, dump truk 20 unit, armada rool/engkel 10 unit, pemadam kebakaran 5 unit, roda dua 28 unit, roda tiga 45 unit, kendaraan kantor 10 unit, becak sampah 104 unit. “Sedangkan alat berat, sebanyak 4 unit.” (DM)

TRENDING :  DPD RI Pantau Persiapan Pilkada Di Kudus

KOMENTAR SEDULUR ISK :