Dinas Sosial : Kartu KIS Gantikan Fungsi Kartu Jamkesmas

Dinas Sosial : Kartu KIS Gantikan Fungsi Kartu Jamkesmas
Kudus, isknews.com – Dinas sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kudus, Dalam rangka iku berperan serta mensukseskan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-98 Tahun Anggaran 2017, ikut berpartisipasi dengan memberikan Penyuluhan bagi warga Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, yang bertempat di Balai Desa Kandangmas, Senin siang (10/04/17).
Kegiatan Penyuluhan KB sebagai bentuk terintegrasinya program secara lintas sektor antara Kodim 0722/Kudus dengan Pemerintah Kabupaten Kudus tersebut, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan masyarakat peserta KB, baik dari segi semua Metode dan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), meningkatkan kwalitas pelayanan KB bagi akseptor, dan meningkatkan pelayanan KB terhadap calon peserta KB.
“Integrasi kegiatan melalui TNI Manunggal Membangun Desa, merupakan upaya mendekatkan akses pelayanan kepada masyarakat di daerah perdesaan, dan meningkatkan kesejahteraan keluarga di wilayah perdesaan,” kata Kabid KB, Tomy Setiadi, SE.
“Diharapkan dengan momentum TMMD Reguler ke-98 ini, akan memberikan kontribusi guna peningkatan kesertaan ber KB maupun kwalitas pelayanan, serta peningkatan koordinasi diprogram mendatang.” lanjutnya.
Hadir dalam kegiatan itu, Danramil 07/Dawe, Kapten Inf Subekhi, Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Sosial dan Keluarga Miskin Dinas Sosial, Ariani, SH.MH, Kabid KB Tomy Setiadi, SE, Kades Kandangmas H. Sofwan, Babinsa Kandangmas Serka Jumeno, serta warga masyarakat Desa Kandangmas.
Puluhan warga dari Desa Kandangmas, baik tua maupun muda nampak begitu bersemangat mengikuti sosialisi KB, dengan serius mereka menyimak dan mengikuti jalannya acara sosialisasi. “Dengan sosialisasi ini, saya berharap untuk usia produktif yang sudah menikah bisa mengikuti program Keluarga Berencana (KB).
Agar mereka bisa hidup sebagai keluarga sejahtera dengan cukup dua anak,” ungkapnya. Dalam kegiatan ini, Tomy juga memuji tingginya animo warga masyarakat dalam mengikuti jalannya acara. Menurutnya, hal ini merupakan bukti jika masyarakat Kandangmas menyambut baik program TMMD ini.
Kepala Desa Kandangmas H. Sofwan menyampaikan, kegiatan sosialisasi KB ini sangat bagus sekali. Masih cukup banyak warga Kandangmas yang kurang mengerti tentang KB, dan sekarang menjadi lebih tahu setelah mengikuti sosialisasi ini. “Sebenarnya pemahaman warga kami soal KB itu sudah cukup baik, rata-rata setiap pasangan suami-istri di sini itu maksimal punya dua anak. dengan adanya kegiatan ini, tentunya akan menambah pengetahuan dan kesadaran untuk menjalankan program KB, ” tutur H. Sofwan.
Sementara itu, Danramil 07/Dawe, Kapten Inf Subekhi mengatakan, Kodim 0722/Kudus melalui kegiatan ini, ingin lebih memasyarakatkan kembali program KB. Pihaknya sangat bersyukur, sosialisasi ini bisa disambut sangat baik oleh masyarakat setempat. “Acara ini membuktikan, bahwa masyarakat sangat senang dengan adanya program TMMD,” tutupnya.
Sementara itu, Ariani, SH.MH. mensosialisasikan tentang Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebagai pengganti dari Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), yang bisa digunakan oleh pemegang kartu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, di Puskesmas maupun RSUD Pemkab Kudus. Ditambahkanya,” Dengan menggunakan kartu KIS fungsinya sama dengan Kartu Jamkesmas, yaitu untuk mendapat pelayanan pengobatan kesehatan secara gratis, ” jelasnya. (ym).

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Penyambutan dan Pelepasan Dandim Di Makodim 0722 Kudus

Share This Post

Post Comment

*