Dipertanpangan Kudus, Pastikan Kualitas dan Kuantitas Hewan Ternak Untuk Lebaran

by
Dipertanpangan Kudus, Pastikan Kualitas dan Kuantitas Hewan Ternak Untuk Lebaran ISKNEWS.COM
Foto: Petugas Distanpangan saat sedang berdialog dengan pedagang kerbau tentang kondisi dagangannya sehingga aman dikonsumi masyarakat. (Istimewa/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Bulan Ramadan memasuki sepuluh hari terakhir, masyarakat mulai disibukkan dengan persiapan menghadapi hari raya idul fitri 2018. Kue lebaran dan daging untuk membuat masakan khas lebaran menjadi buruan masyarakat di akhir ramadan ini.

Untuk memastikan kualitas dan kuantitas hewan ternak yang akan dikonsumsi pada lebaran tahun ini, Dinas Pertanian dan Pangan Kudus yang dipimpin Catur Sulistiyanto, melalui bidang Peternakan melakukan pemantauan di Pasar Ternak, yang terletak di Jalan Lingkar Selatan Kudus.

Kepala Bidang Peternakan pada Dispertanpangan Kudus, Sa’diyah, mengatakan kedatangan timnya ke Pasar Ternak ini untuk memantau aktifitas dari para perdagangan hewan ternak.

TRENDING :  Lampion Cantik Ini Siap Meriahkan Pawai Malam Takbir

“Karena disini aktivitasnya hanya saat kliwon, sehingga kami memantau kondisi daging berat hidup,” katanya.

Berdasarkan informasi dari para pedagang, saat ini harga sapi hidup berkisar Rp 41-42 ribu perkilogram. Sedangkan harga kambing Rp 25 ribu perkilogram. Namun, naasnya penjualan daging kerbau hidup sangat jarang dilakukan penimbangan yang disediakan di pasar ternak.

TRENDING :  Tiga Hari Tak Kelihatan, Warga Wergu Kulon Kudus Ditemukan Meninggal di Rumahnya

“Jual beli kerbau disini lebih banyak pakai sistem glosoran. Maksutnya bentuk utuh satu ekor kerbau dihargai pembeli atau penjual berapa. Ketika keduanya sudah sepakat harga, maka transaksi terjadi,” jelas Sa’diyah

TRENDING :  Bupati Kudus Terpilih Diharap Jadikan PAUD Program Wajib Belajar

KOMENTAR SEDULUR ISK :