Diprakarsai Mahasiswa, Penyandang Disabilitas ini Ikuti Pelatihan Kemandirian

oleh
Foto: Terlihat saat penyandang disabilitas mengikuti kegiatan pelatihan kemandirian yang di prakarsai oleh sekelompok mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Wergu Wetan Kudus, Minggu (13-5-2018). (Istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Puluhan penyandang disabilitas antusias mengikuti kegiatan pelatihan kemandirian yang di prakarsai oleh sekelompok mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Wergu Wetan Kudus, Minggu (13-5-2018).

Mereka terlihat cekatan merangkai bahan dasar enceng gondok menjadi sebuah kerajinan. Dengan bahan yang telah disiapkan panitia, mereka diajarkan membuat kerajinan yang bernilai tinggi, diantaranya seperti sandal, dompet, tas, dan yang lainnya.

TRENDING :  Kapolres : Paslon Patuhilah PKPU Untuk Pilkada Berkualitas

Ketua kegiatan, Nailatul Izzah mengatakan, Pendampingan pembuatan kreasi enceng gondok pada anggota Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK) sebagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat.

Tujuannya, selain memanfaatkan eceng gondok yang tumbuh liar di sungai-sungai (contoh sungai di daerah Undaan) yang keberadaannya telah merusak ekosistem air, sehingga kita memanfaatkannya dan menambah nilai guna dari eceng gondok tersebut.

TRENDING :  Pol PP Bina Warung Pijat Tradisional Dan Salon Kecantikan

Kegiatan yang diikuti 20 orang penyandang disabilitas tersebut diharapkan mampu menambah ketrampilan dan jiwa enterpreneur (kemandirian, – Red) bagi anggota FKDK “Kegiatan tersebut juga turut mengoptimalkan kemandirian penyandang disabilitas. Sehingga tercipta generasi disabilitas mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain,” ujar Naila.

“Selama ini kan mereka masih dianggap sebelah mata, banyak perusahaan yang menolak mereka karena keterbatasannya, padahal mereka mampu,” imbuhnya

TRENDING :  Penyandang Disabilitas Dapat Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Hasil buah karya kerajian yang telah selesai dibuat kaum difabel, juga akan dipamerkan di stand FKDK di even Dandangan. “Kebetulan ini ada event dandangan, jadi momen-nya sangat pas untuk promosi disana juga, supaya lebih dikenal,” pungkasnya. (AJ/WH).

KOMENTAR SEDULUR ISK :