Disdagperin Pati Sidak Harga Sembako di Pasar Tradisional

oleh
Foto: Pegawai dari Disdagperin dan Pihak Kepolisia saat melakukan sidak di Pasar Tradisional. (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Guna antisipasi adanya permainan harga sembako oleh para tengkulak jelang bulan Ramadhan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati bersama dengan Polres setempat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar tradisional, Jumat (11-5-2018).

Riyoso, Kepala Disdagperin melalui Kabid Perdagangan Rekso Suhartono mengemukakan, sidak kali ini difokuskan di pasar tradisional, yakni pasar Puri dan pasar Rogowongso. Hasilnya, sejumlah komoditas sembako.

TRENDING :  Jelang Pilkada TNI Komitmen Jaga Netralitas

Hasil pantauan Suhartono menyampaikan bahwa harga sembako jelang bulan suci masih terbilang stabil, namun ada beberapa komuditas yang mengalami kenaikan dan sebagian mengalami penurunan harga.

Foto: Pegawai dari Disdagperin dan Pihak Kepolisia saat melakukan sidak di Pasar Tradisional. (Istimewa)

“Kami juga tidak menemukan adanya pedagang yang bermain-main dengan harga komoditas sembako. Tetapi, kami akan tetap melakukan pemantauan, agar pedagang tidak nakal untuk mempermainkan harga,” ungkapnya.

TRENDING :  Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) menjadi polemik disejumlah desa di Kabupeten Pati

Lanjutnya, ada beberapa sembako yang tadinya turun, saat ini sudah mengalami kenaikan. Seperti halnya bawang merah dan cabai. Selain itu, untuk daging ayam juga mengalami kenaikan, hanya selisihnya tidak terlalu signifikan.

“Untuk harga sembako sendiri, semuanya masih stabil. Kalaupun ada yang naik, itupun hanya sedikit,” imbuhnya.

TRENDING :  Terseret Sejauh 10 Meter Dari Motor, Sidik Opname
Foto: Pegawai dari Disdagperin dan Pihak Kepolisia saat melakukan sidak di Pasar Tradisional. (Istimewa)

Sementara dari pihak Kepolisian Resor Pati, Aris Ristianto mengaku akan menindak tegas para pedagang yang terbukti melakukan permainan harga menjelang bulan suci ramadhan. Bahkan, langkah hukum juga akan dilakukan.

“Untuk menjaga kestabilan harga menjelang bulan suci ramadhan ini, kami akan rutin melakukan pemantauan ke pasar-pasar tradisional, baik sebelum maupun sesudah puasa,”pungkasnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :