Disdikbud Kabupaten Pati Gelar Pemilihan Duta Bahasa

oleh -806 kali dibaca
Foto: Istimewa

Pati, ISKNEWS.COM – Sebagai upaya meningkatkan minat generasi muda untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati gelar Pemilihan Duta Bahasa Tahun 2018 di Gedung SKB, Sabtu (5-5-2018).

Pemenang dalam pemilihan duta bahasa dilakukan untuk menentukan perwakilan dari kabupaten Pati yang akan dikirim ke pemilihan duta wisata yang dilakukan tingkat Jawa Tengah.

Kasi Kesenian Disdikbud Kabupaten Pati Slamet Santoso mengemukakan, bahwa pemilihan duta bahasa yang dilakukan ini dimaksudkan untuk mencari tunas muda yang mampu berbahasa Indonesia, berbahasa Jawa dan berbahasa asing secara profesional.

Foto: Istimewa

Pemilihan duta bahasa ini dilakukan guna persiapan jelang pelaksanaan pemilihan di tingkat Jawa Tengah. Namun yang terpenting adalah bisa mendapatkan tunas muda yang dapat berbahasa Indonesia, Jawa dan berbahasa asing secara profesional,”ungkap Slamet sesaat di lokasi acara.

Adapun pesertanya, kata Slamet, adalah dari kalangan warga negara Indonesia yang berumur 18-25 tahun yang belum menikah dan berpendidikan minimal SLTA sederajat.

“Pemilihan untuk tahun ini diikuti 19 peserta terdiri dari perempuan 15 peserta dan 4 orang laki-laki dan semuanya belum menikah,”jelasnya.

Slamet juga menjelaskan terkait uji materi yang dilakukan dalam pemilihan duta bahasa, “Uji materi yang wajib diikuti para peserta ada dua yaitu ujian tertulis dan ujian praktik berbahasa Indonsia, Jawa dan bahasa asing yang diuji oleh para penilai,”pungkasnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :