Disdikbud Pati Imbau Sekolah Bijak Gunakan Dana Bos

oleh

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Kabid Pembinaan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati, Teguh Samsu Bagio, mengimbau pihak sekolah untuk bijak dalam menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Agar dana BOS dipergunakan sesuai peruntukannya, serta mengacu pada Petunjuk Teknis (Juknis) pelaksanaan dana BOS, tanpa mengeluarkan kebijakan sendiri,” ungkapnya saat ditemui awak media, belum lama ini.

TRENDING :  Dana BOS Rp57,1 Miliar Untuk Madrasah di Kudus Sudah Cair

Dalam juknis, lanjut dia dalam sosialisasi pengolaan, pembinaan, dan pengawasan dana BOS yang diikuti kepala sekolah (Kepsek) SD se-Kabupaten Pati itu, dia menguraikan dengan jelas item yang dapat digunakan maupun yang tidak boleh.

“Hati-hati dalam penggunaan dana BOS, ikutilah aturan yang ada, jangan keluar dari aturan juknis. Kepsek harus memberdayakan bendahara sekolah, dan bendahara dapat bekerja sama dengan kepsek dalam membelanjakan dana BOS,” paparnya.

TRENDING :  Korban Banjir Ngagel Mengungsi Di Gudang Mebel

Imbuh Teguh, dana BOS harus dibelanjakan guna menunjang operasional proses belajar mengajar di sekolah. Misalnya, untuk membeli kapur, alat tulis dan lainnya yang berkaitan dengan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Ditambahkan, supaya kepsek tidak ketinggalan dengan aturan-aturan yang berkaitan dengan dana BOS. Sebab peraturan tentang dana BOS, sering mengalami perubahan. Seperti, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 8/2017 tentang juknis BOS.

TRENDING :  DD Tahun 2019, Pembangunan Infrastruktur Desa Plumbungan Harus Selesai.

“Dalam aturan tersebut, alokasi dana BOS untuk pengadaan buku-buku pada triwulan II, wajib sebesar 20 persen. Ini merupakan salah satu contoh dari perubahan adanya aturan penggunaan dana BOS,” terang Teguh. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :