Disdikpora Gelar Sosialisasi Penyaluran DAK BOP PAUD

oleh
ISKNEWS.COM
Foto: Nampak para peserta sedang menyimak paparan materi dari narasumber (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Dalam rangka fasilitasi Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) dan percepatan penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) PAUD Kabupaten Kudus tahun 2018, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Diadikpora) Kudus mengadakan kegiatan Sosialisasi Penyaluran DAK BOP PAUD.

Kegiatan yang dilaksanakan di Dekopinda Perkantoran Jalan Mejobo tersebut dilaksanakan mulai Selasa – Kamis tanggal 6-8 Maret 2018. Dengan peserta secara bergiliran di setiap kecamatan, hari ini Kecamatan Kaliwungu, Kota, Jati. Hari kedua Undaan, Mejobo, Jekulo, dan terakhir hari ketiga Kecamatan Bae, Gebog dan Undaan.

Kasi PAUD pada Disdikpora Kudus, Wiwik Bekti Pratiwi mengatakan, Tujuan diadakan sosialisasi ini terkait akan adanya pemberian DAK Non Fisik BOP PAUD untuk membantu penyediaan biaya operasional non personalia bagi anak usia dini yang diberikan kepada Satuan PAUD dan Satuan Pendidikan Nonformal yang menyelenggarakan program PAUD dan meringankan beban biaya pendidikan bagi orang tua dalam.

TRENDING :  Aksi Teatrikal Penolakan Kenaikan BBM

“Hal itu sebagai upaya untuk mengikutsertakan anaknya pada layanan PAUD berkualitas di satuan PAUD atau satuan pendidikan non formal,” ujarnya saat dihubungi isknews.com

Ditambahkan Wiwik, pengalokasian juga berdasarkan data dapodik akhir Juli 2017. Sedangkan pencairan DAK bila sudah ada SK turun dengan menggunakan data riil murid yang terdaftar dalam lembaga paud saat itu.

TRENDING :  Antisipasi Bencana, Desa Jati Wetan Siapkan Jalur Evakuasi

Per murid, lanjut Wiwik, menerima dana Rp. 600.000 yang digunakan untuk operasional pendidikan dan tidak boleh digunakan yang lain. Untuk itu, sosialisasi ini supaya memahamkan para lembaga PAUD.

TRENDING :  Disdikpora Berharap Pelajar SMAN 1 Kudus Ini Jadi Pasukan Inti Paskibraka Nasional 2017

Wiwik berharap, Agar satuan pendidikan PAUD dapat mewujudkan perencanaan, pengelolaan,pertanggung jawaban dan pelaporan serta akuntabilitas penggunaan dana BOP PAUD.
Tepat sasaran,tepat waktu serta sesuai ketentuan yang berlaku yang tertuang dalam juknis(Permendikbud no.2 th 2018.

Wiwik juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mempercepat proses penyaluran DAK BOP PAUD, dan meminimalisir permasalahan penyaluran tersebut. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :