Disdukcapil Kudus Luncurkan Rumah Paman Capil

oleh -931 kali dibaca
Rumah Paman Capil
Disdukcapil Kudus melakukan MoU dengan Dinas Kesehatan, karang taruna, dan PKK Kudus bekerjasama untuk mensukseskan program Rumah Paman Capil. (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus meluncurkan inovasi baru, yaitu rumah pelayanan administrasi kependudukan atau disebut Rumah Paman Capil.

Program itu menggandeng sejumlah pihak di antaranya Dinas Kesehatan , karang taruna, dan PKK Kudus. Penandatangan MoU dilakukan di aula Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus, Rabu (30/05/2018).

Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo menjelaskan, Rumah Paman Capil ini digagas untuk mempermudah proses pembuatan administrasi kependudukan. Dari program ini masyarakat dapat menghemat tenaga, waktu, maupun biaya dalam melakukan pengurusan administrasi kependudukan.

Hal itu dikarenakan di setiap desa disediakan rumah relawan yang akan membantu pengurusan. Para relawan terdiri dari bidan desa, anggota karang taruna, dan anggota PKK. “Para relawan akan membantu pengurusan, relawan akan membawa berkas ke Kantor Dukcapil atau sebaliknya kami yang jemput bola,” tuturnya.

Hendro menambahkan, pilot project dari program ini akan dilaksanakan di seluruh desa Kecamatan Mejobo selama tiga bulan. Baru selanjutnya akan diterapkan d seluruh desa di Kudus setelah dilakukan evaluasi.

“Kami berharap program inovasi ke 10 yang digagas ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat. Pelayanan yang kami berikan tidak dipungut biaya sepeserpun,” tegasnya. (MK/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :