Disdukcapil Luncurkan Program Baru Mudahkan Pembuatan Akta Kelahiran

Kudus, isknews.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus, meluncurkan program ”Si Buah Hati Lahir Pulang Bawa Akta Kelahiran” pada tahun ini. Program tersebut adalah hasil kerja sama dengan seluruh rumah sakit dan rumah bersalin yang ada di Kudus. Tujuannya tidak lain untuk memudahkan para orang tua, dalam pembuatan akta kelahiran bagi anaknya yang baru saja lahir di rumah sakit.

cymera_20160927_184644

Kepala Disdukcapil Kudus melalui Kabid Pencatatan Sipil Titit Sri Harjanti mengatakan, program ”Si Buah Hati Lahir Pulang Bawa Akta Kelahiran” sebenarnya sudah mulai berjalan sejak Mei lalu. Pihaknya bekerja sama dengan RSUD dr Loekmono Hadi menerapkan program itu.

Baca Juga :  ​Bulan Agustus, Kudus Alami Deflasi 0,48 Persen

”Selama ini pengurusan akta kelahiran terkendala banyak hal, di antaranya jarak tempat tinggal orang tua menuju kantor Disdukcapil yang jauh membuat mereka enggan mengurus akta kelahiran anaknya. Untuk itu, dengan adanya terobosan baru ini diharapkan dapat membantu memudahkan akses pembuatan akta kelahiran di Kudus,” ujarnya saat ditemui isknews.com di kantornya beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Musthofa,"Mengabdi lebih berarti daripada membesarkan diri"

Targetnya, lanjut Titit, bulan Oktober sudah dilaksanakan di seluruh rumah sakit dan rumah bersalin di Kudus. Supaya layanan akta kelahiran bisa menyentuh lebih banyak masyarakat. Dirinya melanjutkan, saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Selain melakukan bimbingan teknis kepada pegawainya, juga untuk persiapan yang lain agar saat pelaksanaan tidak menemui kendala.

”Bimbingan teknis sangat diperlukan supaya pegawai yang mendapat tugas melakukan pencatatan sipil, sehingga tidak ada kekhawatiran karena pegawai kurang menguasai teknis pembuatan akta kelahiran,” pungkasnya. (MK)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?