Disdukcapil Pati Bebaskan Denda Administrasi Bulan Ini

Disdukcapil Pati Bebaskan Denda Administrasi Bulan Ini

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Memperingati Hari Jadi Kabupaten Pati yang jatuh pada tanggal 7 Agustus, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pati, memberikan kelonggaran berupa penghapusan sanksi dan denda terhadap warga yang terlambat dalam mengurus administrasi kependudukannya.

“Karena hari Jadi Pati jatuh pada bulan Agustus, maka selama bulan Agustus ini, Disdukcapil membebaskan denda kepada warga yang terlambat mengurus surat kependudukan dan catatan sipilnya,” papar Kepala Disdukcapil Pati, Dadik Sumarji, Sabtu (12/08/2017).

Sangsi administrasi yang dihapus, lanjut dia, diantaranya keterlambatan pembuatan akta lahir, akta kematian, akta cerai, surat pindah datang serta perbaikan dan perubahan data Kartu Keluarga (KK). Momen amnesty ini sendiri, akan berakhir hingga akhir bulan Agustus. Sehingga, masyarakat yang terlambat mengurus dokumen kependudukan, diimbau agar segera mengurusnya.

TRENDING :  Anti Perploncoan SMAN 1 Helat MPLS

“Bagi warga yang telat mengurus akte untuk anaknya yang baru lahir atau bagi yang telat melaporkan perubahan KK atau melaporkan surat pindah datang, bisa segera mengurusnya pada bulan ini agar tidak terkena denda,” jelasnya.

TRENDING :  Total Hadiah Rp35 Juta Digelontorkan Pada Kretek Cup 2017, Ini Daftar Juaranya

Masih menurut Dadik, jika pada hari biasa, setiap keterlambatan pengurusan surat kependudukan dan catatan sipil mempunyai denda atau sangsi yang bervariatif.

“Untuk dendanya bervariasi seperti contoh jika terlambatan membuat akte kelahiran selama 2 bulan akan di kenakan denda Rp 50 ribu. Jika terlambat mengurus surat pindah datang Rp. 37.500. Terlambat melaporkan perubahan KK akan di denda Rp 50 ribu, dan masih banyak lagi denda administratif lainnya,” pungkasnya. (Wr)

TRENDING :  Halal Bi Halal Jalin Keakraban Di Jajaran Satuan Kodim 0718 Pati
KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Comments are closed.