Dishub Kudus Ingatkan Kendaraan Jangan Over Tonase

by
ISKNEWS.COM
Kendaraan diminta melakukan uji KIR secara berkala untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan menonjol. (Doc. ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus mengingatkan para pengendara, baik bus ataupun kendaraan bermuatan barang agar tidak membawa muatan yang melebihi kapasitas (over tonase).

Hal itu dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang dapat menimbulkan korban jiwa. Seperti yang terjadi belum lama ini terjadi di Bumiayu, Brebes, akibat muatan over tonase menyebabkan belasan korban tewas.

Kabid Keselamatan dan Sarana Dishub Kudus Sunyoto melalui petugas penguji kendaraan bermotor (PKB) Penyelia Agung Budi T mengungkapkan, di Kudus sedikitnya pernah terjadi kecelakaan menonjol yakni kecelakaan bus peziarah di Jalan Lingkar Tenggara dan bus PO Indonesia di perempatan traffic light Tanjungkarang.

TRENDING :  Dramatis, Gol Tunggal Rendi Antar PSG ke Semifinal

“Beberapa kasus kecelakaan akibat over tonase biasanya didasari beberapa alasan. Salah satunya alasan ekonomis yang memaksakan berat muatan untuk mengejar keuntungan,” tuturnya.

Untuk itu Dishub Kudus mengimbau agar kendaraan jangan sampai over tonase yang dapat berakibat fatal seperti kecelakaan yang terjadi di Bumiayu. Diketahui dalam insiden itu truk yang memiliki kapasitas angkut maksima 20,75 ton melebihi kapasitas hingga 18 ton. (MK/WH)

TRENDING :  Petugas Tempat Parkir Khusus Akan Dioutsourcingkan

KOMENTAR SEDULUR ISK :