Dishub Pastikan Jalan Sudirman Menjadi Satu Arah Berlaku Sabtu Pagi Besok

oleh
Suasana di Jalan Jenderal Sudirman Kudus paada pagi hari (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Sosialisasi terus gencar di lakukan oleh instansi pemangku jalan Jenderal Sudirman Kudus, yakni Dinas Perhubungan (Dishub) maupun Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kudus terkait perubahan Jalur dari dua arah menjadi satu arah di jalan protokol tersebut.

Pelaksanaan  perubahan jalur di Jalan Sudirman di pastikan akan di mulai dan diberlakukan hari Sabtu besok pagi pukul 05.00 WIB,  jalan yang saat ini dua arah itu akan segera dikembalikan menjadi satu arah seperti semula.

Kepala Dishub Kudus Abdul Halil melalui Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya, Putut Sri Kuncoro, mengatakan, pihaknya hari ini telah melakukan rapat koordinasi dengan pemangku Jalan atau antara Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Kudus. Menurutnya, ke dua instansi ini sudah siap memberlakukan perubahan Arus di Jalan Jenderal Sudirman.

TRENDING :  Pembangunan Jembatan Kesambi – Jojo Sudah Mencapai 70 Persen

“Meskipun besok sifatnya masih sosialisasi, namun pemberlakuan jalan menjadi satu arah besok pagi kami dari Dishub dan Polres Kudus akan segera melaksanakan pemberlakuan sesuai skenario perubahan arus tersebut,” katanya, Jumat (10/05/2019).

Putut menambahkan,  menindaklanjuti  hasil rapat koordinasi di Command Center, Rabu (8/5/2019) yang membahas tentang perubahan jalur di Jalan Sudirman dimana status jalan tersebut akan dibagi menjadi dua waktu. Yakni pada siang hari dan malam hari hari.

“Mulai pukul 05.00 WIB hingga18.00 WIB berlaku satu arah yakni dari arah barat atau alun-alun Simpangtujuh ke arah timur hingga perempatan Pentol Rendeng. Kemudian pukul 18.00 WIB sampai dengan 05.00 WIB berlaku dua arah, Ini sifatnya permanen bukan karena Ramadhan atau jelang Lebaran,” jelas Putut.

TRENDING :  Tingkatkan SDM Dibidang TI, Dishubkominfo Gelar Pelatihan E-procurement

Terkait kesiapan Dishub tentang penyelenggaraan rambu-rambu atas perubahan jalur, dirinya mengatakan untuk sementara akan menggunakan Banner yang dia bentangkan di mulut-mulut jalan dari berbagai arah yang mengakses ke Jalan Jenderal Sudirman.

“Tak hanya rambu, sosialisasi juga terus kami lakukan tentang pemeberlakuan perubahan jalur ini, baik lewat woro-woro keliling maupun berbagai media dan sosial media,” ungkapnya.

Ia mengatakan, permbelakuan dua arah itu berdasarkan beberapa faktor. Di antaranya, adanya laporan masyarakta terkait parkir sepanjang jalan Sudirman. Kemudian kepadatan jalan yang sering terjadi. Terlebih lagi, jalan tersebut merupakan jalan menuju ke Pasar Kliwon.

TRENDING :  Diberlakukan Mulai Senin Hari Ini, Lalu Lintas Dua Arah Di Jalan Jendral Sudirman Kudus

“Selain itu juga sering ada kelambanan dari arus Jalan Sudirman. Kemudian bagaimana agar supaya jalan tersebut terurai dan terkurangi. Sehingga diatur untuk diatur dalam satu arah,” lanjutnya.

Seperti di ketahui, Bupati Kudus HM Tamzil terkait pemberlakuan searah jalan Sudirman tersebut mengatakan, sebelumnya sudah melakukan pengamatan terkait jalan tersebut. Alhasil, memang ada beberapa yang perlu disempurnakan terkait lalu lintas.

“Ini juga merupakan aspirasi sebagian besar warga Kudus, yang perlu ia realisasikan, kami sudah koordinasi dengan pihak Polres untuk kita jadikan satu arah pada siang hari. Siang hari satu arah, dari Simpang Pentol menuju Simpang Tujuh Kudus,” ucapnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :