Dispendukcapil Pati Bakal Layani Pembuatan Akte Kelahiran Dengan Online

oleh
Foto: Kepala Dispendukcapil Pati Rubiyono saat ditemui di kantornya. (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pati secepatnya bakal melayani pembuatan Akte Kelahiran melalui online setelah mendapatkan kepastian dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat dalam mencatatkan status anaknya ke kantor Dispendukcapil, sehingga dapat mengefisiensikan baik waktu dan biaya.

“Rencananya, launching pembuatan akte kelahiran secara online itu akan kami lakukan pada Juli mendatang. Itu pun, kami masih menunggu kepastian dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” Ujar Kepala Dispendukcapil Pati Rubiyono saat ditemui di kantornya, Senin (21/5/2018).

TRENDING :  Jelang Perayaan Hari Raya Idul Fitri, Permintaan Bandeng Presto Juwana Meningkat

Menurut Rubiono, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada mayarakat agar mengetahui terkait dengan program tersebut. Dia, Khawatir jika tidak disosialisasikan masyarakat tidak mengetahuinya.

TRENDING :  Jelang Pilkada TNI Komitmen Jaga Netralitas

“Sampai saat ini aplikasi juga belum ada. Tapi, nanti kalau dari pusat sudah ada informasi, kami juga akan mensosialisasikan itu kepada masyakat. Agar mereka juga tahu, bagaimana caranya mendaftar secara online,” imbuhnya.

Dia juga menjelaskan tentang kesiapan dalam menyambut program tersebut baik persiapan perangkat lunak maupun sumber daya manusianya. makanya layanan akte kelahiran online itu sangat membantu masyarakat, terutama yang ada di pelosok desa dan jauh dari kantor Dispendukcapil. Dengan begitu, dapat memudahkan masyarakat dalam pengurusan akte kelahiran.

TRENDING :  Manfaatkan Dana Desa Secara Maksil, Perekonomian Warga Desa Pekalongan Mulai Berkembang.

“Saya berharap adanya layanan ini dapat memudahkan masyarakat dalam membuat akta kelahiran anaknya,”pungkasnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :