Distanpangan Kudus Uji Sampel Daging di Sejumlah Pasar Tradisional

by
uji sampel daging
Kasi Produksi dan Kesehatan Ternak Sidi Pramono bersama tim Laboratorium Kesmavet Pati mengambil uji sampel daging dan bahan olahannya di sejumlah pasar tradisional di Kudus, Senin (07-05-2018). (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpangan) Kudus melakukan uji sampel daging menjelang ramadan dan lebaran. Pengambilan sampel dilakukan di tiga pasar tradisional, yakni Pasar Jetak, Pasar Piji, dan Pasar Baru, Senin (07-05-2018).

Kepala Distanpangan Kudus Catur Sulistyo melalui Kasi Produksi dan Kesehatan Ternak Sidi Pramono mengatakan, tujuan dari pengambilan sampel ini untuk keamanan pangan antara lain mengetahui tingkat cemaran logam berat yang ada di produk hasil peternakan.

TRENDING :  Perda Diundangkan, Seluruh Jagal Tradisional Wajib Potong Hewan di RPH

“Kita antisipasi cemaran logam berat seperti formalin atau zat berhaya lainnya,” ungkapnya. Untuk sasaran di antaranta daging sapi, kerbau, dan ayam. Telur baik itu telur mentah atau telur asin. Selain itu produk olahan juga tak luput dari uji sampel seperti krupuk rambak.

“Termasuk untuk mengetahui Eliza atau campuran daging babi,” tuturnya. Pihaknya menggandeng Laboratorium Kesehatan Masyarakat Verteriner (Kesmavet) Pati. Sampel yang telah terkumpul akan diuji dan apabila nantinya ada temuan akan ditindaklanjuti.

TRENDING :  Kudus Intensifkan Riset Sapi Beranak Kembar Hasil Ineseminasi Buatan

“Pengecekan in untuk juga sebagai upaya kami untuk memberikan kenyamanan masyarakat saat mengonsumsi daging, mengingat biasanya terjadi lonjakan permintaan pada bulan puasa dan lebaran,” ujarnya.

TRENDING :  Kampung Konservasi Kelor Blora Curi Perhatian Dunia
KOMENTAR SEDULUR ISK :