Ditengarai segera tempati bangunan baru Puluhan warung makan dan kios di TBK akan digusur jadi taman

Ditengarai segera tempati bangunan baru Puluhan warung makan dan kios di TBK akan digusur jadi taman

KUDUS,isknews.com-Para pemilik warung makan dan kios di Terminal Bakalan Kapyak Kabupaten Kudus, di Jalan Raya Kudus – Gebog, Desa Bakalan Krapyak, Kecamatan Kaliwungu, harus merelakan tempat untuk berjualannya itu digusur, terkait dengan telah disediakannya bangunan baru untuk meneruskan kegiatan bisnisnya. “Warung makan dan kios-kios yang mereka bangun itu memang resminya adalah areal parkir, jadi memang bukan peruntukannya didirikan bangunan,” kata Kepala UPT Terminal Tipe-A Kabupaten Kudus, Suwarno SH.
Dihubungi isknesw.com, Senin (29/6), dia menjelaskan tekait dengan hal itu, kepada para pemilik warung makan dan kios, juga pedagang kaki lilma (PKL) yang membuat lapak-lapak di lokasi yang sama, sudah diberikan sosialisasi, dengan mengundang mereka ke Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Kudus, hasilnya sejauh ini tidak ada masalah, karena di tempat yang baru itu nantinya tidak dipungut beaya sewa atau kontrak, hanya dikenakan retribusi dan pajak memakai atau menggunakan kekayaan negara.
Bangunan baru berupa deretan toko dan los letaknya masih di tempat yang sama, tepatnya di sebelah selatan kantor terminal. Jumlah kios sebanyak 35 unit, dengan ukuran 3×2,5m per unit, dan los sebanyak 67 unit, dengan luas 2,5x2m per unit. Bangunan itu menyerap beaya sebesar Rp 2.629.860.000. Jumlah kios dan los disesuaikan dengan jumlah pedagang , sehingga seluruhnya tertampung dan tidak ada penambahan pedagang baru.
Mengenai kepindahan atau “boyongan” warga yang menggantungkan hidupnya dan sudah puluhan tahun membuka usahanya di terminal yang resminya adalah areal parkir bus wisata peziarah itu, Suwarno mengungkapkan masih menunggu kesiapan kasie sarana dan prasarana, namun ditengarai secepatnya. “ Sedangkan pembagian tempat, akan dilakukan pengundian, sehingga dijamin akan adil dan tidak saling berebut. “(Darmanto Nugroho)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Dinas Koperasi Gelar Bazar, Dalam Rangka Peringati Hari Koperasi ke 70

Share This Post