DLH Akan Fasilitasi Pasarkan Produk Bank Sampah

DLH Akan Fasilitasi Pasarkan Produk Bank Sampah

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara akan memfasilitasi memasarkan produk yang dihasilkan dari daur ulang sampah. DLH Akan membuat paguyuban Bank Sampah sebagai salah satu sarana memasarkan produk yang dihasilkan. Hal ini disampaikan oleh Kepala DLH Jepara Fathurrahman, Kamis (9/11/2017).

Langkah ini perlu diambil, katanya, lantaran selama ini bank sampah masih kesulitan memasarkan produknya. Untuk dapat menjual produk kreasi dari daur ulang sampah, maka bank sampah hanya mengandalkan penjualan langsung kepada masyarakat. Sementara, beberapa bank sampah justru berada di perdesaan yang jauh dari jangkauan.

TRENDING :  Bupati Minta Penyedia Jasa Konstruksi Perhatikan Kualitas

“Kita akan menjembatani penyerapan produk-produk daur ulang sampah dari bank sampah, melalui sebuah paguyuban. Dengan hal itu, diharapkan dapat menambah nilai jual dan meningkatkan persaingan produk dari sampah,” ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan bank sampah merupakan ikhtiar untuk mengurangi sampah yang terbuang ke penampungan akhir. Rencananya paguyuban bank sampah akan membuka showroom di Bandengan. Ditempat itu produk sampah bisa dijadikan souvenir wisata. Misalnya dengan menambah labeling untuk menarik minat pembeli. “Salah satu cara untuk menyerap produk kerajinan maupun daur ulang sampah, adalah dengan mendirikan showroom atau ruang pamer,” jelasnya.

TRENDING :  Tujuh Dugaan Pidana Pemilu Masuk ke Sentra Gakkumdu

Fatchurohman menambahkan, saat ini di Jepara ada lebih kurang 90 bank sampah yamg sebagian besar mendaur ulang sampah anorganik. Menurutnya, dalam sehari, ada sekitar 1.123 ton sampah yang masuk ke TPA. Dari jumlah tersebut, 60 persennya adalah sampah organik, sedangkan sisanya sampah non organik yang memungkinkan untuk didaur ulang. “Sampah memang didominasi sampah organik, namun untuk yang non organik ini yang bisa didaur ulang dibuat produk lagi,” tandasnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post