Doakan Orang Tua dan Keluarga, Peziarah Padati Tempat Pemakaman

by
ISKNEWS.COM

Kudus, ISKNEWS.COM – Tradisi berziarah ke makam keluarga atau nyekar, menjadi salah satu tradisi masyarakat Indonesia menjelang bulan suci Ramadhan dan Lebaran. Tidak heran, berbagai tempat pemakaman umum dipenuhi warga yang berziarah.

Seperti dibeberapa makam yang ada di Kabupaten Kudus, tak terkecuali warga muslim di sekitar Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kembar, Mlati Kecamatan Kota, Kudus mulai melaksanakan tradisi ini dari sejak dua Minggu terakhir.

Seorang peziarah Indah (68) mengatakan, ia beserta keluarganya melaksanakan tradisi nyekar menjelang Ramadan ini rutin setiap tahun.

TRENDING :  SD Muhammadiyah Birrul Walidain Sabet 2 Emas, 2 Perak, 4 Perunggu Kejurnas Pencak Silat UNS Open 2017

“Ziarah ke makam orangtua. Kalau mau menjelang puasa dan lebaran kita kan harus ziarah. Apalagi momen jelang idul fitri ini, biasanya para keluarga yang dirantau pada pulang, hingga harus berkesempatan untuk nyekar ke makam sanak keluarga yang sudah mendahului,” kata Indah kepada isknews.com kemarin, Rabu (13/6/18) sore.

TRENDING :  Menwa Diharap Cerdas dan Bijak Terima Informasi Lewat Teknologi

Ditambahkan, Kan banyak yang ziarah ke luar, ke mana-mana, seperti ke makam para Wali, masak orangtua yang dekat kenapa tidak diziarahi. “Yang penting nomorsatukan orangtua dulu, baru nanti yang lain. Sudah biasa setiap tahun ziarah,” ungkapnya

TRENDING :  Pembangunan dan Rehab 143 SD di Kudus Capai 80 persen

KOMENTAR SEDULUR ISK :