Dongkrak Kinerja Dan Akuntabilitas Instansi Pemerintah, Pemkab Gelar Pelatihan SAKIP

oleh
Para peserta egiatan sakip yang akan berlangsung dari pertanggal 11 Februari sampai dengan tanggal 1 Maret 2019 di balai diklat kabupaten Kudus yang berada di desa menawan., saat pembukaan acara di Lt 4 Gedung Setda Kudus (foto: YM)

Kudus, isknews.com –Bupati Kudus dan Wakil Bupati Kudus di gedung Setda lantai 4 pagi tadi membuka kegiatan pelatihan SAKIP di lingkungan instansi Pemkab Kudus, SAKIP  sendiri adalah singkatan dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Peserta diklat SAKIP di ikuti 40 orang pejabat yg membidangi perencanaan evaluasi dan pelaporan. Seluruh peserta dijadwalkan akan mengikuti semua materi pelajaran dan mulok yang berdurasi total 166 jam.

Dijadwalkan kegiatan ini akan berlangsung dari pertanggal 11 Februari sampai dengan tanggal 1 Maret 2019 di balai diklat kabupaten Kudus yang berada di desa Menawan Gebog Kudus.

TRENDING :  Moda Wisata di Terminal Bakalan Krapyak, Becak Paling Sering Melanggar

Plt Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Kudus, Yuliono Nugroho mengungkapkan bahwa Pemkab dan BPSDM menyelenggarakan SAKIP ini dengan niat akan tercapainya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dari segi penanganan dan pelayanan.

“ SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku,” terangnya, Jumat (08/02/2019).

TRENDING :  Hartopo Resmikan Pondok Pesantren Yayasan Ittihadul Ummah

Lebih lanjut lagi diterangkan oleh Drs.Mohammad Arief Irwanto MSi, Kepala BPSDM Provinsi Jateng. Kegiatan hari menjadi bagian strategis bagi daerah karena semua berlomba untuk mencapai akuntabilitasnya, harapan dengan adanya SAKIP ini dapat menjadikan penyelenggaraan negara yg bersih dan bebas dari KKN, terwujud perencanaan pembangunan yg terintegrasi.

TRENDING :  Jam Kerja Pegawai Pemkab Kudus Selama Ramadan Berubah

SAKIP adalah berasal dari Inpres No.7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Instansi Pemerintah dimana didalamnya disebutkan Mewajibkan setiap Instansi Pemerintah sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok,”

Bupati Kudus HM Tamzil berpesan “jangan menganggap pelatihan SAKIP sepele dan di anggap tidak manfaat , karena SAKIP ini di tengah masyarakat sangat dibutuhkan, jika pelayanan kita baik maka masyarakat akan percaya terhadap kita.

Para peserta egiatan sakip yang akan berlangsung dari pertanggal 11 Februari sampai dengan tanggal 1 Maret 2019 di balai diklat kabupaten Kudus yang berada di desa menawan., saat pembukaan acara di Lt 4 Gedung Setda Kudus (foto: YM)

“Masyarakat tidak  mengamati secara langsung, tapi masyarakat menilai kita dalam pelayanan kepada mereka. Tentunya dengan  pelatihan ini dapat bermanfaat sehingga outputnya dapat dirasakan oleh masyaraka serta meningkatkan kinerja instansi pemerintah yang lebih berdaya guna, lebih bersih dan lebih bertanggung jawab.” pungkasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :