Dongkrak Produksi Ternak Di Kudus, Pemkab Kampanyekan “Enak Ngingu Sapi Wedok”

by
ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Kampanye “Enak Ngingu Sapi Wedok” di deklarasikan di Aula Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertanpangan) Kudus yang dihadiri puluhan peternak sapi di wilayah Kabupaten Kudus, Kamis (23/11/17).

Program terobosan ini dilakukan guna mempercepat dan mendongkrak kuantitas produksi ternak sapi dan penambahan populasi sapi betina di wilayah Kabupaten Kudus.

Kepala Bidang Peternakan pada Dispertanpangan, drh Sa’diyah, mengatakan bahwa membudidayakan sapi betina lebih banyak menguntungkan daripada sapi jantan. Misalnya yang paling terasa adalah faktor pakan pada jantan lebih banyak dibandingkan dengan betina.

TRENDING :  FPP Undip Latih Peternak Kambing Buat Pakan Ternak Berkualitas Mandiri

“ Terimakasih pada bapak-bapak dan ibu peternak yang sudah pelihara sapi betina. Sebab ada banyak peternak yang memilih sapi jenis betina dengan pertimbangan perputaran uangnya lebih cepat. Sebab, hanya dalam waktu 3 bulan sudah bisa dijual ,” kata Sa’diyah.

TRENDING :  Rangsang Peternak Budidayakan Sapi Betina, Puskeswan Upayakan IB Sapi Belgian Blue

Menurut Sa’diyah, kampanye ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung program Upsus Siwab ( Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting).

Berdasarkan datanya, jumlah sapi di Kabupaten Kudus 9 ribuan, namun 250-an ekor diantaranya merupakan sapi perah.

TRENDING :  Perda Diundangkan, Seluruh Jagal Tradisional Wajib Potong Hewan di RPH

KOMENTAR SEDULUR ISK :