Dosen dan Guru Pamong Makassar Pelatihan untuk Peningkatan Mutu PPL di Jogja

by

Yogyakarta,isknews.com – Praktik pengalaman lapangan (PPL) mengajar mahasiswa calon guru di sekolah, merupakan salah satu fase penting untuk memberikan bekal pengalaman mengajar yang baik bagi mahasiswa.

image

Mahasiswa calon guru perlu mendapat bekal pengalaman mengajar yang baik dengan didampingi dan dibimbing secara kolaboratif oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) dan guru pamong (GP). “USAID PRIORITAS bersama-sama dengan para pengelola PPL memandang perlunya peningkatan peran efektif DPL dan guru pamong dalam melakukan pembimbingan pada para mahasiswa praktikan. Selama ini, komunikasi  antara DPL, guru pamong dan mahasiswa praktikan masih cenderung searah dan kurang intensif, sehingga pemantauan progresskemampuan mengajar praktikan kurang komprehensif. Pelatihan ini diharapkan bisa memberikan masukan alternatif untuk pembimbingan,” jelas Ajar Budi Kuncoro, Senior Manager for University Stakeholder and CoordinationUSAID PRIORITAS  di sela-sela acara Pelatihan Nasional Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong untuk meningkatkan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK), di Yogyakarta, Rabu (20/7/2016).

 Menurut Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof Dr Rachmat Wahab, guru harus menjadi model yang utuh bagi siswa. Untuk menjadi model yang utuh, seorang guru bukan hanya dituntut mampu mengajar tapi juga harus bisa mengintegrasikan antara otak dan hati. Integrasi otak dan hati harus dilatihkan dan dipraktikkan terus-menerus. Oleh karena itu, kolaborasi dan komunikasi antara DPL, guru pamong dan mahasiswa praktikan sangat diperlukan. “Saya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan USAID PRIORITAS ini karena sangat relevan dengan penyiapan calon guru oleh LPTK sehingga nantinya benar-benar bisa menjadi guru profesional sebagai model yang utuh bagi siswa,” ujar  Rachmat saat membuka kegiatan.

TRENDING :  ​IPNU IPPNU Kecamatan Kaliwungu Selenggarakan Konferensi PAC IPNU IPPNU Yang Ke XVII
KOMENTAR SEDULUR ISK :